DILAKUKAN SECARA DARING – KONI DIY Berharap Olahraga Jalan Terus

YOGYA (HARIAN MERAPI) – Meski belum diketahui kapan berakhirnya pandemi covid-19 atau virus corona, KONI DIY berharap agar para anggotanya tetap melaksanakan kegiatan yang berkaitan dengan olahraga. Kegiatan tersebut tetap bisa dilakukan dengan tanpa bertatap muka langsung atau dalam jaringan (daring).

Menurut Ketua Umum KONI DIY, Djoko Pekik Irianto, semua anggota KONI DIY, baik itu pengurus daerah (Pengda) cabang olahraga (cabor), badan fungsional maupun KONI kabupaten/kota diharap untuk tetap melaksanakan kegiatan.

”Jangan sampai pandemi ini membuat kita tidak produktif sehingga kegiatan sama sekali tidak dilaksanakan. Kami harap anggota yang memiliki program masih bisa tetap dilaksanakan meski dilaksanakan dengan metode daring,” terang Djoko Pekik di Yogya, Senin (1/6).

Disebutkan Djoko Pekik, kegiatan yang sudah berjalan selama pandemi yakni dicontohkannya latihan secara mandiri, yang dilakukan oleh para atlet melalui program pemusatan latihan daerah (Puslatda).

”Ketika kegiatan olahraga sudah bisa berjalan dengan koordinasi melalui daring, kami harap kegiatan lain juga bisa jalan. Tentu semua tetap harus mematuhi protocol kesehatan yang telah ditetapkan pemerintah ya,” ujarnya.

Pelaksanaan kegiatan, dijelaskan Djoko Pekik, bisa meliputi berbagai bidang, mulai dari organisasi, kerjasama hingga pembinaan dan prestasi. Komunikasi maupun koordinasi yang dilakukan masih bisa dilakukan secara daring, misalnya dengan menggelar rapat pengurus, rapat anggota maupun menggelar pelatihan.

”Kalau di binpres kan sejauh ini sudah ada yang jalan ya. Seperti melakukan pemantauan latihan atlet, ini kan bisa dilakukan secara daring. Selain itu kan bisa melakukan rapat koordinasi maupun menggelar pelatihan mental bagi para atlet,” jelasnya.

Lebih lanjut, Djoko Pekik juga mengimbau kepada para atlet DIY agar tetap mematuhi protokol kesehatan serta keputusan pemerintah daerah terkait situasi tanggap darurat bencana covid-19 di DIY yang diperpanjang hingga 30 Juni.

”Kami paham bagaimana keinginan para atlet untuk berlatih di luar. Sementara ini memang lebih baik berlatih di rumah masing-masing karena masih terdapat penularan covid-19. Untuk latihan di lapangan akan melihat perkembangan kasus, semoga saja trennya menurun atau bahkan sudah tidak ada kasus lagi sehingga benar-benar aman. Tapi untuk saat ini lebih baik mengikuti anjuran pemerintah dulu,” lanjutnya. (Oro)

 

Read previous post:
Jangan Lupa KB Selama Pandemi, Pemkot Yogya Bagikan Alat Kontrasepsi

Close