SEBAGIAN SUDAH MENINGGAL DAN MAMPU SECARA EKONOMI -Bansos untuk 129 Warga di Sumbermulyo Salah Sasaran

 

 

 

 

 

BAMBANGLIPURO (MERAPI) – Lurah Desa Sumbermulyo Bambanglipuro Bantul, Dra Ani Widayani MIP menilai ada 129 warga di desanya yang tak berhak menerima bantuan sosial (bansos) tambahan dari Pemda DIY. Sehingga bantuan tersebut dinilai salah sasaran.


“Data penerima bantuan dari Pemda DIY khususnya di Desa Sumbermulyo semula berjumlah 811 warga. Tetapi setelah dilakukan verifikasi melalui musyawarah dusun di 16 pedukuhan ada sebanyak 129 warga penerima tidak tepat sasaran,” ujar Ani Widayani kepada wartawan di sela-sela penyaluran bantuan di Balai Desa Sumbermulyo, Jumat (29/5).


Sehingga dari total penerimaan bantuan ada 15,9 % yang salah sasaran. Dengan begitu 129 warga tereliminasi karena tak berhak menerima. Kebanyakan warga yang tereliminasi tersebut karena sudah mampu ekonomi maupun sebagian diketahui telah meninggal dunia.


Selain itu sebagian warga yang merasa mampu juga mengembalikan bantuan tersebut. Bantuan tambahan tersebut disalurkan kepada ratusan warga terdampak Covid-19 yang sebelumnya sudah menerima bantuan Program Keluarga Harapan (PKH) dan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT). Warga yang berhak menerima bantuan tambahan akan mendapatkan uang sebesar Rp 400 ribu yang rencananya akan disalurkan sebanyak 3 tahap.


Permasalahan tersebut sebenarnya tidak hanya terjadi di Desa Sumbermulyo tetapi di desa-desa lainnya. Untuk itu pihaknya melalui Asosiasi Pemerintah Desa Indonesia (Apdesi) Kabupaten Bantul telah menyurati Gubernur DIY menyampaikan permasalahan bantuan sosial tersebut yang tidak tepat sasaran. Untuk itu diharapkan ada petunjuk dari gubernur untuk mengatasi permasalahan tersebut. (C-5)



Read previous post:
Miras di Tengah Takbiran

Close