Rapid Test Hari Kedua, Reaktif Corona di Kuloprogo Bertambah

WATES (MERAPI)-Rapid test massal selektif hari kedua yang digelar Pemkab Kulonprogo, Rabu (20/5) menunjukkan adanya empat orang reaktif Covid-19. Dengan demikian, total ada tujuh orang reaktif dalam rapid test massal yang menyasar pasar tradisional dan swalayan tersebut.
Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kulonprogo, drg Theodola Baning Rahajujati menyampaikan, hari kedua rapid test massal selektif memeriksa 217 orang. Mereka merupakan pedagang pasar, pengunjung pasar, karyawan swalayan dan pengunjung swalayan.
“Rapid test massal hari ini diperiksa 217 orang dengan hasil reaktif empat orang. Dua pedagang pasar, dua pengunjung swalayan,” kata drg Baning, Rabu (20/5).

Dengan demikian, total ada tujuh orang peserta rapid test massal yang hasilnya reaktif. Di hari pertama, Selasa (19/5), dari 178 orang yang diperiksa, tiga menunjukkan hasil reaktif. Ketiganya adalah pedagang pasar, karyawan swalayan dan pengunjung swalayan.
“Mereka yang hasilnya reaktif kita lakukan isolasi dan akan diswab test,” ucapnya.
Baning menyebut, isolasi dilakukan secara mandiri di kediaman masing-masing. Sementara pelaksanaan swab test, direncanakan di RSUD Wates sebagai rumah sakit rujukan Covid-19 di Kulonprogo.
Kepada masyarakat, drg Baning kemudian mengimbau agar tetap melakukan enam langkah sebagai upaya pencegahan penyebaran Covid-19. Keenamnya yakni tetap berada di rumah, hindari kerumunan, jaga jarak lebih dari satu meter, memakai masker, cuci tangan dengan sabun serta meningkatkan daya tahan tubuh.

Rapid test massal yang digelar selama dua hari, Selasa-Rabu (19-20/5) ini menyasar pedagang dan pengunjung tiga pasar tradisional yakni Pasar Wates, Pasar Bendungan dan Pasar Sentolo serta karyawan dan pengunjung empat swalayan besar di wilayah Kapanewon Wates dan Pengasih. Mereka yang disasar rapid test massal adalah yang banyak berinteraksi dengan orang. (C-4/Pur/Unt)

Read previous post:
KARTUN JURUKUNCI, JUMAT (22/5/2020)

Semangat Kebangkitan Nasional Kartun: Agoes Jumianto

Close