Bandar Narkoba Manfaatkan Kondisi Pandemi Corona

DEPOK (MERAPI)- Petugas Ditresnarkoba Polda DIY memusnahkan 8,2 gram narkotika jenis tembakau gorila, ganja dan tembakau sintetis dengan cara dibakar menggunakan minyak tanah, Selasa (19/5). Narkoba itu disita dari pengedar dan dipasok dari bandar di luar DIY. Polisi menyebut, banyak bandar memanfaatkan longgarnya pengawasan aparat saat pandemi corona untuk memasok narkoba ke berbagai kota.
Pemusnahan dipimpin langsung oleh Dirresnarekoba Polda DIY Kombes Pol Ary Satriyan. Menurutnya, barang bukti (BB) yang dimusnahkan merupakan hasil sitaan dari lima tersangka asal Semarang awal Mei 2020 lalu.
Kombes Pol Ary Satriyan mengatakan, barang bukti yang dimusnahkan yakni 6,228,49 gram narkotika jenis tembakau gorila, 1.895 gram tembakau biasa untuk campuran dan ganja 97,96 gram. Pemusnahan dilakukan dengan cara dibakar.

“Barang bukti itu dari empat perkara, dengan jumlah tersangka lima orang. Terdiri dari tembakau gorila dan tembakau campuran dari empat orang serta satu orang perkara ganja,” ujar Kombes Ary.
Diungkapkan, wilayah DIY merupakan sasaran para bandar narkoba, kebanyakan hanya sebagai pembeli atau pecandu narkoba. Modus penjualan dengan sistem online, pengiriamnya pun melalui jasa pengiriman barang (ekspedisi).
“Kalau semua bandar ada di luar DIY. Seperti barang bukti yang dimusnakan ini, pengendarnya ada di kota lain. Makanya sebagai daerah peredaran, barang bukti yang diperoleh jumlahnya kecil,” katanya.
Kombes Pol Ary menambahakan, untuk peredarannya, sekarang paling banyak pil koplo dan tembakau gorila. Alasanya, barang ini harganya jauh lebih murah dibanding dengan sabu dan ganja. “Sabu dan ganja kalau pun ada pembelian dalam bentuk paket kecil dan biasanya patungan, sebab harganya yang mahal,” ucapnya.

Kepala BNNP DIY Brigjen Pol I Wayan Sugiri mengaku di saat pandemi corona ini dia meminta petugas dan masyarakat meningkatkan kewaspadaannya. Pasalnya para bandar memanfaatkan situasi ini. “Keterbatas gerak para anggota ini menjadi celah para bandar untuk mengdarkan narkoba. Untuk itu saya imbau para teman-teman di DIY untuk waspada dalam kondisi ini,” pungkasnya.(Shn)

Read previous post:
KONI DIY Terima Thermogun dari PMI DIY

YOGYA (HARIAN MERAPI) - Dalam rangka upaya mengantisipasi penularan covid-19 atau virus corona yang saat ini tengah mewabah, KONI DIY

Close