Berbagi Nasi Gratis di Tengah Pandemi Covid-19

Aksi bagi-bagi nasi gratis yang dilakukan advokat Zam-zam bersama keluarga diserbu warga. (MERAPI-YUSRON MUSTAQIM)
Aksi bagi-bagi nasi gratis yang dilakukan advokat Zam-zam bersama keluarga diserbu warga. (MERAPI-YUSRON MUSTAQIM)

UMBULHARJO (MERAPI) – Untuk membantu masyarakat kurang mampu, advokat HM Zam-zam Wathoni SH dan keluarga melakukan kegiatan bagi-bagi nasi gratis menjelang sore hari selama bulan Ramadan di Jalan Babaran Umbulharjo Yogyakarta. Hal ini dilakukan sebagai ajang berbagi kepada sesama khususnya umat muslim untuk memenuhi kebutuhan berbuka puasa di tengah pandemi Covid-19.

“Satu bungkus nasi akan sangat berarti bagi mereka yang memang membutuhkan. Karena wabah Covid-19 ini banyak orang tak bekerja dan menganggur. Sehingga dengan adanya bagi-bagi nasi gratis ini akan membantu mereka berbuka puasa,” ujar Zam-zam Wathoni didampingi istrinya Tri Rejeki alias JQ kepada wartawan, Jumat (15/5).

Bahkan tak jarang banyak masyarakat rela menunggu berlama-lama hanya untuk mendapatkan nasi kotak. Sehingga setelah nasi datang untuk dimasukkan ke dalam etalase kaca dipinggir jalan langsung dikerubuti masyarakat.

Kegiatan aksi bagi-bagi nasi gratis tersebut dilakukan sejak puasa hari pertama dan rencananya akan dilakukan sampai akhir Ramadan. Karena sejak adanya wabah Covid-19 ini hampir semua masjid tutup dan tidak menerima sumbangan masyarakat untuk berbuka puasa para jemaah.
Untuk itulah Zam-zam Wathoni bersama istri dan keluarga besarnya memiliki ide untuk melakukan kegiatan bagi-bagi nasi gratis. Setidaknya setiap sore ada ratusan menu nasi dibagi-bagikan kepada masyarakat yang membutuhkan.

“Semula kami mengawali aksi ini dan beberapa warga ada yang ikut berbagi dengan menaruh nasi di etalase yang telah kami siapkan. Kami tidak ada maksud apa-apa kecuali hanya ingin berbagi saja,” imbuh JQ menjelaskan.

Sementara salah satu warga, Suwanto mengaku selalu menyempatkan datang ke lokasi untuk mengambil pembagian nasi gratis. Sebagai pengemudi ojek online ia merasa terbantu dengan pembagian nasi gratis. Karena sejak merebaknya Covid-19 penghasilannya turun drastis.
“Sekarang ini bekerja mencari uang untuk makan saja susah. Tetapi kami bersyukur ada bagi-bagi nasi gratis ini dapat kami manfaatkan untuk berbuka puasa bersama keluarga,” tegas bapak 1 anak ini. (C-5)

 

Read previous post:
KELANJUTAN RENOVASI MANDALA KRIDA – Pemda DIY Perhatikan Soal Keselamatan

YOGYA (HARIAN MERAPI) - Pemerintah Daerah (Pemda) DIY masih bersikap hati-hati terhadap kelanjutan renovasi Stadion Mandala Krida Yogya yang menjadi

Close