KONI DIY Sarankan Atlet Latihan Ringan

YOGYA (HARIAN MERAPI) – Di tengah kondisi pandemi covid-19 atau virus corona dan memasuki bulan Ramadan, para atlet DIY diharapkan untuk tetap menjalani latihan ringan. Hal tersebut diungkapkan oleh Ketua Umum KONI DIY, Djoko Pekik Irianto, yang berharap para atlet bisa mengukur intensitas latihan mereka dengan kondisi seperti saat ini.

“Untuk yang pertama, intensitas latihan memang harus dikurangi. Latihan menggunakan kekuatan tidak secara penuh, ya berkisar 75 hingga 80 persen saja. Misalnya kalau berlari, ya tidak perlu dengan kecepatan maksimal. Namun volume latihannya bisa ditambah, sehingga kualitas latihan tetap terjaga,” ungkapnya di Yogya, kemarin.

Selain itu, Djoko Pekik juga mengatakan bahwa waktu latihan juga bisa disesuaikan. Jika para atlet biasa berlatih pagi hari, bisa digeser menjadi sore hari. “Dengan latihan sore hari, terutama jelang buka puasa ya, itu bisa segera terganti cairan tubuh yang hilang setelah latihan,” katanya.

Djoko Pekik juga menilai jika latihan teknik pada bulan puasa lebih disarankan. Dengan memberikan porsi latihan teknik lebih besar, maka porsi latihan fisik tentu dikurangi. “Latihan kan ada teknik, fisik dan mental. Biasanya kalau latihan kan porsinya fisik 60 persen dan teknik 35 persen. Nah, saat ini mungkin lebih disarankan untuk memperbanyak latihan teknik dan fisik dikurangi,” tuturnya.

Dengan memberikan saran terkait latihan yang dilakukan para atlet DIY dalam kondisi seperti saat ini, Djoko Pekik berharap agar para atlet tersebut bisa menjalankan dengan maksimal sehingga persiapan untuk mengikuti berbagai even di kesempatan mendatang bisa maksimal. Meski hanya berlatih di rumah dan kurang ideal, diharapkan para atlet bisa terus menjaga semangat latihan demi meraih prestasi di kemudian hari. (Oro)

 

Read previous post:
Istimewa, Pemudik di Desa Berjo Disediakan Telaga Madirda Sebagai Tempat Karantina

KARANGANYAR (MERAPI) - Obyek wisata Telaga Madirda di Desa Berjo, Kecamatan Ngargoyoso diubah menjadi tempat karantina bagi para pemudik. Pemdes

Close