120 Masjid di Yogya Masih Gelar Tarawih

YOGYA (MERAPI)- Sebanyak 120 masjid di Yogyakarta diketahui masih menggelar salat Tarawih berjamaah di Bulan Ramadan ini. Padahal sebelumnya, pemerintah pusat sudah mengimbau agar tidak melaksanakan salat tarawih berjamaah guna menghindari persebaran dan penularan Covid-19.
“Kami sudah dapat semua data dari pemerintah kabupaten yang masuk dan memang ada 120 masjid yang masih melaksanakan salat Tarawih berjamaah,” ujar Kepala Satpol PP DIY, Noviar Rahmad kepada wartawan, Rabu (6/5) di Kompleks Kepatihan.

Lebih lanjut dia mengatakan, Satpol PP sebagai gugus tugas penegakan hukum penanganan Covid-19 bakal bekerjasama dengan Kanwil Kemenag DIY sebagai upaya menghindari tindakan represif kepada jamaah Masjid yang sedang melakukan ibadah.
“Kalau tindakan represif kan tidak pas, apalagi anggota kami memakai seragam. Nanti (dikhawatirkan) tidak bagus,” imbuhnya.
Meskipun Ramadan tinggal dua minggu hingga Hari Raya Idul Fitri, pihaknya tetap menunggu surat edaran dari Gubernur DIY yang diperuntukkan bagi seluruh masjid di Yogyakarta.
Noviar berharap masyarakat memiliki kesadaran untuk menjaga jarak dan tidak berkerumun di masjid guna menekan persebaran Covid-19 agar tidak masif dan meluas.

Sementara, dilaporkan jumlah pemudik yang masuk ke Yogyakarta hingga Rabu (6/5) mencapai angka 31.290 orang. Jumlah itu belum termasuk pemudik yang diam-diam masuk ke Yogyakarta dengan berbagai cara. Bahkan mayoritas pemudik berasal dari zona merah pandemi Covid-19 pasca pemberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) seperti di Jawa Barat.
Maka dari itu, Satpol PP terus memperketat larangan untuk tidak mudik apalagi berkerumun. Noviar mengatakan hingga kini pihaknya sudah melakukan pembubaran sekitar 1.700 kerumunan.
“Ada 37 warung makan serta kafe (coffeeshop) yang diberikan surat peringatan karena tidak memberlakukan physical distancing,” tutupnya.(C-4)

Read previous post:
Syahrul Quran

RAMADAN merupakan bulan yang penuh dengan keberkahan, kemuliaan dan kesejahteraan. Keberkahan terbesar yang dimilikinya dan bermanfaat sepanjang masa adalah peristiwa

Close