4 Kali Cabuli Bocah SD, Kakek Divonis 5 Tahun

BANTUL (MERAPI)- Terbukti melakukan pencabulan terhadap bocah SD, Tugiman alias Ribut (56) warga Imogiri Bantul divonis 5 tahun penjara serta denda Rp 50 juta subsider 1 bulan kurungan dalam sidang yang digelar secara teleconference (jarak jauh) di Pengadilan Negeri (PN) Bantul, Kamis (30/4). Terdakwa dinyatakan terbukti bersalah dan meyakinkan telah mencabuli Kencur (7-nama samaran) yang merupakan bocah kelas 1 SD anak tetangganya sendiri.

Vonis yang dijatuhkan majelis hakim lebih ringan dari tuntutan jaksa yang sebelumnya menuntut 6 tahun penjara serta denda Rp 50 juta subsider 2 bulan kurungan. Perbuatan terdakwa melanggar pasal 82 ayat 1 jo pasal 76E UU RI No 17 Tahun 2016 tentang Penetapan Perpu No 1 Tahun 2016 tentang perubahan kedua atas UU RI No 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak.
“Majelis hakim telah memberikan keringanan hukuman sesuai dengan pledoi atau pembelaan kami. Sehingga atas vonis tersebut kami menyatakan menerima,” ujar penasihat hukum terdakwa Deni Kuncoro Sakti SH kepada wartawan usai sidang.

Dalam amar putusan majelis hakim terungkap, aksi pencabulan yang dilakukan terdakwa dilakukan pada November 2019. Awalnya saksi korban bermain di depan rumah terdakwa bersama teman-temannya. Melihat saksi korban, kemudian terdakwa berinisiatif untuk memanggilnya.
Saat itu terdakwa mengaku terangsang saat melihat saksi korban meminta. Dengan janji memberi imbalan, terdakwa mengajak saksi korban untuk masuk ke dalam kamarnya. Di dalam kamar terdakwa melepas celananya berikut celana saksi korban lalu melakukan pencabulan.

Setelah puas, terdakwa melakukan kembali perbuatan itu di hari-hari berikutnya hingga 4 kali.
Ketika melakukan perbuatannya tersebut, terdakwa selalu memberi imbalan uang dan memintanya agar tidak menceritakan perbuatan itu kepada siapapun. Tetapi setelah pihak orang tua mengetahui perbuatannya, terdakwa pun dilaporkan ke polisi.(C-5)

Read previous post:
Cegat Wanita Muda, Begal Todongkan Pisau Dapur

Close