KONTINGEN BISA LAKUKAN PERSIAPAN PANJANG – Peparda DIY Juga Digelar 2022

YOGYA (HARIAN MERAPI) – Tak hanya penyelenggaraan Pekan Olahraga Daerah (Porda) DIY 2021 yang mengalami penundaan, even Pekan Paralympic Daerah (Peparda) DIY juga turut mengalami nasib serupa. Bahkan secara resmi National Paralympic Committee (NPC) DIY telah menerbitkan surat edaran terkait penundaan Peparda DIY pada 2022.

 

Menurut Ketua Umum NPC DIY, Hariyanto, penundaan Peparda DIY tersebut tak lepas dari dampak penundaan Pekan Olahraga Nasional (PON) dan Pekan Paralympic Nasional (Peparnas) yang awalnya digelar tahun 2020 menjadi tahun 2021 karena adanya pandemi covid-19.

 

Selain itu, Hariyanto menyebutkan bahwa keputusannya untuk menunda Peparda DIY karena sudah melakukan koordinasi dengan Pemerintah Daerah (Pemda) DIY terkait rencana penyelenggaraan Porda DIY dan Peparda DIY.

 

“Kan dari pemerintah, baik kota dan kabupaten juga belum tentu tersedia anggaran untuk tahun depan. Tahun ini saja semua anggaran dialihkan untuk covid-19. Jadi belum tentu ada anggaran untuk pengiriman kontingen tahun depan,” ujarnya di Yogya, kemarin.

 

Lebih lanjut, Hariyanto menyampaikan bahwa dengan penundaan Peparda DIY menjadi tahun 2022, pihaknya bisa melakukan fokus persiapan bagi para atlet menghadapi Peparnas 2021. “Fokus kami bisa ke Pelatda untuk Peparnas tahun depan,” lanjutnya.

 

Untuk kelanjutan even Peparda DIY karena adanya penundaan, Hariyanto mengaku masih menunggu kepastian penyelenggaraan Peparnas. “Menyesuaikan Peparnas nantinya. Kan ini even berjenjang di tingkat nasional, jadi tetap menyesuaikan. Namun tentu itu akan kami lakukan pembahasan bersama dengan pihak terkait,” akunya.

 

Dengan penundaan Peparda DIY menjadi tahun 2022 ini, Hariyanto berharap agar para atlet dari kontingen kabupaten dan kota bisa melakukan persiapan panjang. “Karena sudah mengetahui ditunda, tentu bisa melakukan persiapan lebih lama. Harapannya atlet juga tidak hanya orientasi prestasi daerah tapi juga tingkat nasional, bahkan bisa internasional,” terangnya. (Oro)

 

Read previous post:
2021 BERBENTURAN DENGAN BANYAK AGENDA – Porda DIY Sepakat Ditunda 2022

Close