Tambahan 10 Positif Corona di DIY Didominasi Penularan Lokal

YOGYA (MERAPI)- Pasien positif corona di Yogya melonjak. Dilaporkan terjadi penambahan 10 kasus positif Covid-19 atau corona pada Selasa, (28/4). Sebagian merupakan hasil tracing penularan lokal atau pasien yang tertular pasien positif sebelumnya. Dengan penambahan ini, jumlah akumulasi kasus positif Covid-19 di DIY menjadi 93 kasus.
“Penambahan 10 kasus positif baru tersebut, di antaranya 7 kasus dari hasil tracing kontak pasien positif di Kabupaten Sleman dan Kabupaten Gunungkidul,” ujar Juru Bicara Pemda DIY untuk penanganan Covid-19 Berty Murtiningsih kepada wartawan kemarin.
Dia mengatakan, Penambahan kasus positif Covid-19 terdiri dari 3 orang warga Bantul yang terdiri dari 2 orang perempuan berusia 46 tahun dan 18 tahun serta laki-laki berusia 48 tahun ditambah 3 orang warga Gunungkidul yang terdiri dari 3 orang perempuan berusia 32 tahun, 45 tahun, dan 49 tahun.

Selebihnya 4 orang warga Sleman yang terdiri dari laki-laki berusia 39 tahun, 47 tahun, 56 tahun, dan 67 tahun. Mereka diketahui tertular pasien positif sebelumnya, Menurut Berty, ada beberapa kasus yang memiliki riwayat perjalanan dari mengikuti kajian agama di Jakarta dan ada riwayat kontak dengan kasus positif, tetapi masih dalam pelacakan hingga saat ini.
“Bisa jadi akan jadi kluster baru bila nanti berlanjut pada hasil tracing selanjutnya dan ada hubungan dengan kasus-kasus lainnya,” imbuh Berty.
Lebih lanjut, Berty menjelaskan secara prinsip dari tracing kasus tersebut, dapat berlanjut dengan potensi menularkan kepada yang lain atau tidak. Sehingga diharap adanya tracing dapat dilakukan upaya pemutusan mata rantai penularan Covid-19.
Selain positif, pasien dinyatakan sembuh ada 2 orang terdiri dari seorang perempuan berusia 36 tahun dan seorang laki-laki berusia 40 tahun. Keduanya warga Sleman.
Sementara dilaporkan kematian 2 orang PDP dalam proses laboratorium, terdiri dari seorang laki-laki berusia 75 tahun warga Sleman dan seorang perempuan berusia 57 tahun warga Kota Yogyakarta.

Selanjutnya, akumulasi Pasien Dalam Pengawasan (PDP) hingga kemarin sebanyak 814 orang, 116 orang masih dalam perawatan. Orang Dalam Pengawasan (ODP) sebanyak 4.609 orang. Hasil laboratorium mencatat pasien positif Covid-19 sejumlah 93 orang, 39 di antaranya sembuh dan 7 lainnya meninggal. Hasil negatif mencatat ada 650 orang, masih proses laboratorium 71 orang, 6 di antaranya meninggal.
Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Gunungkidul dr Dewi Irawaty MKes menambahkan ada 3 orang pasien positif asal Gunungkidul dan tercatat sebagai warga Kecamatan Wonosari. Ketiga orang tersebut dinyatakan positif corona dari hasil tracking. Mereka diketahui pernah melakukan kontak dengan pasien positif ke 4 dan 5 dan tertular. Dengan bertambahnya pasien positif Covid-19 ini maka di Gunungkidul terjadi peningkatan pasien positif. Dari sebelumnya 5 orang, menjadi 8 orang dengan sebanyak 2 orang dinyatakan sembuh dan 6 orang dalam perawatan intensif. “Keenam pasien positif Covid-19 ini seluruhnya merupakan warga Kecamatan Wonosari,” kata dr Dewi Irawaty MKes.

Sebelum mereka dinyatakan positif Covid-19, kata Dewi, terdapat 5 orang dinyatakan positif hasil repid tes berdasarkan hasil tracing riwayat kontak, baik dengan pasien positif 3-4 dan positif 5. Dari lima orang tersebut diketahui dari hasil pemeriksaan swab, 3 positif terpapar virus Covid-19. Dari keenam positif terdapat beberapa di antaranya merupakan satu keluarga. Sedangkan kondisi ketiganya cukup baik dan termasuk kategori Orang Tanpa Gejala (OTG). “Ketiga OTG yang kini dinyatakan positif tersebut sudah dibawa ke RSUD Wonosari,” imbuhnya.

Secara rinci dijelaskan bahwa proses tracking bermula dari penelusuran riwayat kontak dari pasien Nomer 3 sebanyak 143 orang. Kemudian sebanyak 124 orang dilakukan rapid tes dan 19 orang hasilnya positif sedangkan sebanyak 105 hasilnya negatif. Selanjutnya ada 19 orang yang diambil swab dan hasilnya 5 orang positif, 5 negatif dan lainnya hingga kini masih menunggu hasil pemeriksaan swab.
Sementara data pergerakan Covid-19 yang dicatat Dinkes Gunungkidul, selain terjadi peningkatan jumlah positif Covid-19, jumlah PDP maupun ODP juga meningkat. Sehingga secara umum terjadi pergerakan angka peningkatan.

Untuk kategori PDP saat ini sudah mencapai 62 orang dari sebelumnya sebanyak 61 orang. Sedangkan jumlah ODP saat ini bertambah lagi menjadi 980 dari sehari sebelumnya 970 orang, sehingga ada tambahan 10 orang. Saat ini terdapat belasan PDP yang rencananya akan menjalani karantina di RSUD Saptosari untuk memutus dan meminilalisir kontak dengan orang lain. (C-4/Pur)

Read previous post:
Jalanan Makin Ramai, Pemkot Yogya Perluas Rapid Test

Close