Anggaran NPC DIY Dipangkas 70 Persen

YOGYA (HARIAN MERAPI) – Pemangkasan anggaran di sejumlah organisasi olahraga dilakukan terkait kebutuhan untuk penanganan wabah covid-19 atau virus corona, tak terkecuali di National Paralympic Committee (NPC) DIY. Dari pencermatan anggaran yang dilakukan, NPC DIY melakukan pemangkasan anggaran hingga mencapai 70 persen dari Rp 12,5 miliar untuk kebutuhan tahun 2020.

 

Ketua Umum NPC DIY, Hariyanto mengungkapkan bahwa pihaknya melakukan rasionalisasi terkait anggaran tahun 2020 dengan memangkas anggaran mencapai 70 persen. “Sebenarnya kami sudah melakukan rasionalisasi sebesar 65 persen dari 12,5 miliar rupiah total anggaran yang diberikan untuk tahun 2020 ini. Namun ternyata masih diminta penambahan, jadi setelah kami cermati lagi ada sekitar 70 persen anggaran yang dipangkas,” ungkapnya di Yogya, Rabu (22/4).

 

Pencermatan anggaran untuk dipangkas tersebut sesuai dengan arahan dari Pemerintah Daerah (Pemda) DIY dalam pertemuan pada Senin (20/4) bersama dengan KONI DIY. Dengan pemangkasan anggaran tersebut, Hariyanto mengaku bahwa pihaknya untuk tahun ini praktis hanya memiliki anggaran yang dialokasikan untuk pemusatan latihan daerah (Pelatda) dan operasional kantor atau kesekretariatan.

 

“Praktis tidak ada kegiatan yang bisa kami adakan pada tahun ini. Alokasi anggaran digunakan untuk Pelatda dan operasional kantor. Untuk Pelatda pun ada beberapa item yang dihapus, seperti character building, pengadaan peralatan, termasuk pelatihan pelatih juga terpangkas di situ,” bebernya.

 

Disebutkan Hariyanto, untuk pemangkasan anggaran mayoritas untuk persiapan Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas). Menurutnya terdapat anggaran mencapai sekitar Rp 10 miliar, terutama untuk akomodasi ke Papua yang diperkirakan mencapai separuhnya.

 

“Anggaran memang pada prinsipnya dipangkas dan tidak dipakai. Namun secara teknis, anggaran itu tidak kami kembalikan ke Pemda tapi kami simpan di rekening NPC. Jadi kalau Peparnas tetap digelar sesuai jadwal, maka anggaran itu masih tetap bisa kami gunakan,” tuturnya. (Oro)

Read previous post:
Tukang Cat Gagal Edarkan 4.000 Butir Pil Koplo

Close