Kontak dengan Positif Corona, 2 Warga Gunungkidul Tertular

YOGYA (MERAPI)-Pasien positif Covid-19 atau corona di Yogya terus bertambah, Selasa (21/4). Dilaporkan ada 3 kasus tambahan, sehingga jumlah kasus positif hingga saat ini sebanyak 72 kasus. Sedangkan jumlah pasien sembuh bertambah 2 orang, menjadi 30 orang, dan 1 Pasien Dalam Pengawasan (PDP) dilaporkan meninggal dunia.
Juru Bicara Pemda DIY untuk penanganan Covid-19, Berty Murtiningsih kepada wartawan kemarin mengatakan, secara keseluruhan, kondisi pasien positif Covid-19 umumnya baik dan sedang.
“Tetapi untuk menentukan kesembuhan tidak hanya dari segi fisik saja, tetapi juga hasil laboratorium diperoleh (swab) negatif 2 kali,” jelasnya.

Dikatakan Berty, bila ada beberapa hasil evaluasi yang masih negatif dan positif dalam satuan waktu pengambilan sampel, maka masih disimpulkan sebagai kasus positif atau belum sembuh.
Pasien dinyatakan positif adalah seorang laki-laki berusia 50 tahun warga Gunungkidul, seorang perempuan berusia 73 tahun warga Gunungkidul dan seorang laki-laki berusia 54 tahun warga Kota Yogyakarta.
Adapun 2 orang dinyatakan sembuh adalah seorang laki-laki berusia 56 tahun warga Kota Yogyakarta dan seorang perempuan berusia 54 tahun warga Sleman.

Seorang PDP meninggal dalam proses laboratorium adalah perempuan berusia 71 tahun warga Sleman. “Laporan dari RS, ada diagnosa Diabetes melitus (DM) dan gagal ginjal,” ungkapnya.
Hingga saat ini total Pasien Dalam Pengawasan (PDP) sejumlah 688 orang, 135 orang di antaranya masih dalam perawatan. Hasil laboratorium mencatat total pasien positif Covid-19 sejumlah 72 orang, 30 orang dinyatakan sembuh dan 7 di antaranya meninggal.
Adapun hasil negatif sejumlah 400 orang dan masih dalam proses laboratorium sejumlah 216 orang, 14 di antaranya meninggal. Jumlah Orang Dalam Pengawasan (ODP) sebanyak 3.733 orang.

Kepala Dinas Kesehatan Gunungkidul dr Dewi Irawaty M Kes juga membenarkan jika ada tambahan pasien positif corona di Kabupaten Gunungkidul. Kedua pasien tercatat sebagai warga Kecamatan Wonosari. Menurutnya, dua orang tersebut diketahui positif dari hasil pelacakan atau tracking di mana pernah melakukan kontak dengan pasien positif. Kondisi keduanya cukup baik dan termasuk kategori Orang Tanpa Gejala (OTG). “Kedua OTG yang kini dinyatakan positif tersebut segera kita jemput untuk dibawa ke rumah sakit,” kata dr Dewi.

Dengan bertambahnya pasien positif Covid-19 ini, maka di Gunungkidul terjadi peningkatan pasien positif. Dari sebelumnya 3 orang, menjadi 5 orang dan 2 orang dinyatakan sembuh, 3 dalam perawatan intensif. Adapun hasil tracking 2 pasien positif itu memiliki riwayat kontak dengan pasien positif seorang perempuan 67 tahun warga Kecamatan Wonosari. Pasien positif terbut juga melakukan kontak dengan 33 orang dan dari hasil repid tes, 5 orang dinyatakan positif. “Dari 5 orang itu diketahui hasil swabnya ada 2 orang positif Covid-19 dan 3 lainnya negatif,” imbuhnya.
Sementara data pergerakan Covid-19 yang dicatat Dinkes Gunungkidul, terjadi peningkatan jumlah PDP maupun ODP meningkat. Sehingga secara umum terjadi pergerakan angka meningkat. Untuk kategori PDP saat ini sudah mencapak 57 orang dari sebelumnya sebanyak 54 orang. Sedangkan jumlah ODP saat ini bertambah lagi menjadi 926 dari sehari sebelumnya 919 orang, sehingga ada tambahan 7 orang.

Sedangkan untuk PDP dari sebanyak 57 orang, 10 orang dinyatakan negstif dan 37 lainnya dalam proses.
Sementara di Kecamatan Karangmojo dilaporkan terdapat 1 orang pasien ODP meninggal dunia yakni seorang laki-laki berumur lebih 60 tahun dengan riwayat sakit dan penyakit penyerta diabetes militus (DM). Jenazah ODP tersebut dimakamkan sesuai protokol Covid-19. (C-4/Pur)

Read previous post:
MERAPI-HUMAS SLEMAN Bupati Sleman Sri Purnomo menyampaikan bantuan sembako dari tiga pilar Sleman bagi masyarakat terdampak wabah Covid-19.
IMBAUAN PEMKAB SLEMAN PADA DONATUR: Jangan Bagikan Bantuan di Jalanan

SLEMAN (MERAPI) - Pemerintah Kabupaten Sleman mengimbau donatur atau pihak yang ingin membagikan bantuan kepada masyarakat terdampak pandemi Covid-19, agar

Close