BANK BPD DIY BIMA PERKASA – Pantau Situasi Sebelum Lanjut Kompetisi September

SLEMAN (HARIAN MERAPI) – Indonesian Basketball League (IBL) memutuskan kompetisi basket tertinggi tanah air akan berlanjut bulan September dengan catatan situasi sudah memungkinkan. Junas Miradiarsyah, Direktur Utama IBL dihubungi Merapi, Selasa (14/4), membeberkan kompetisi akan dilanjutkan langsung ke babak playoff pada awal September dengan catatan situasi membaik di bulan Juni.

 

Artinya IBL memberi waktu tiga bulan bagi tiap klub untuk mempersiapkan diri termasuk kembali mendatangkan pemain asing. “Untuk pemain asing yang saat ini terdaftar berhalangan datang di bulan September, klub bersangkutan diperbolehkan mengganti pemain asing. Jika situasi masih tidak memungkinkan sampai dengan waktu tersebut maka kemungkinan IBL tidak lanjut,” kata Junas.

 

Bank BPD DIY Bima Perkasa melalui Manajer Dyah Ayu Pratiwi membenarkan Junas. Keputusan itu juga sudah disampaikan IBL ketika menggelar rapat virtual bersama manajemen klub peserta IBL beberapa waktu lalu. Bagi manajemen tim kebanggaan DIY itu, mereka akan terus memantau perkembangan pandemi terlebih dulu sebelum kembali bersiap menghadapi kelanjutan kompetisi pada September mendatang. Pasalnya kompetisi rencananya akan berlanjut dengan format sama, yakni dengan tiga pemain asing dan penonton.

 

“Maka akan sangat bergantung pada kondisi baik di dalam negeri maupun negara asal pemain asing. Kami akan terus memantau situasi terlebih dulu,” sambung manajer tim yang akrab disapa Tiwi itu.

 

Namun saat ini manajemen Bank BPD DIY Bima Perkasa terus memantau latihan mandiri para pemain selama pandemi. Upaya itu sebenarnya adalah langkah pertama persiapan tim sebagai persiapan andai liga benar-benar bisa dilanjutkan. Selain itu, program latihan mandiri yang dikirimkan ke Nuke Tri Saputra dan kawan-kawan juga langkah manajemen untuk terus menjaga kebugaran di tengah pandemi. “Mereka juga wajib melaporkan latihan ke tim pelatih melalui pesan WhatsApp atau video. Untuk video satu minggu sekali,” tambah Tiwi.

 

Andai dilanjutkan kompetisi akan berlanjut ke babak babak play off berformat round robin. Peringkat 5 hingga 9 berdasarkan klasemen hingga seri keenam akan bertarung memperebutkan empat tiket ke perempatfinal. Keempat tim yang lolos akan menghadapi peringkat 1 hingga 4. Peringkat 1 akan melawan peringkat 4 play off, peringkat 2 berhadapan dengan peringkat 3 play off, peringkat 3 ditantang peringkat 2 play off, dan peringkat 4 menghadapi peringkat 1 play off. Babak perempatfinal akan menggunakan sistem gugur begitu pula di babak semifinal. Babak final akan berlangsung dengan format best of three. (Des)

Read previous post:
Polres Kulonprogo Bagikan Sembako di 60 Lokasi

Close