Cegah Covid-19, Polres Temanggung Bubarkan Ratusan Kegiatan

MERAPI-ZAINI ARROSYID Polisi bubarkan kejuaraan merpati
MERAPI-ZAINI ARROSYID
Polisi bubarkan kejuaraan merpati

TEMANGGUNG (MERAPI) – Polres Temanggung membubarkan setidaknya 313 keramaian dan kerumuman warga sepanjang dua minggu terakhir untuk mencegah dan mengantisipasi penularan virus corona sebagai penyebab Covid-19 di wilayah hukumnya.

Kasubag Humas Polres Temanggung AKP Henny Widiyanti mengatakan meski telah ada larangan dari pemerintah agar warga tidak menggelar kegiatan yang mengundang warga berkerumun karena berpotensi ada penyebaran virus corona, namun tetap saja ada kegiatan.

” Petugas Polres Temanggung terlebih dahulu lakukan pendekatan untuk mencegah, jika tetap digelar terpaksa kami bubarkan dengan paksa. Sejauh ini tidak ada yang menjadi tersangka, ” kata Henny, Rabu (8/4).

Dia mengemukakan pembubaran dan penghentian kegiatan itu antara lain pernikahan di Banyururip, olahraga futlas dan tenis, area permainan play station, kontes burung dan permainan ketangkasan burung merpati. ” Kontes burung berhadian kendaraan bermotor dibubarkan, karena panitia tidak mengindahkan peringatan petugas,” kata dia.

Peserta pada kontes burung itu, katanya, dari dalam dan luar Temanggung bahkan ada yang berasal dari daerah dengan kasus temuan terkonvirmasi positif Covid-19. Pernikahan dan sunatan tetap boleh digelar tetapi tidak boleh ada perayaan.

Dia mengatakan operasi dipimpin langsung oleh Kapolres Temanggung AKBP Muhamad Ali didampingi sejumlah perwira lain, seperti Wakapolres Kompol Kelik, KabagOps AKP Rahmad Lee dan Kasat Reskrim AKP Muhammad Alfan serta kapolsek setempat.

” Giat dilakukan hampir 24 jam, pagi siang, sore atau malam. Menjadi salah satu tugas kepolisian untuk mencegah paparan virus corona di tempat keramaian,” katanya.

Dia mengemukakan Kepolisian Resort Temanggung juga mengintensifkan patroli keamanan hingga ke dusun-dusun untuk memberikan rasa aman dan nyaman pada warga, selain turut mendata jumlah pemudik dan meminta mereka melakukan isolasi mandiri.

TNI dari Kodim 0706 Temanggung, terangnya, terlibat pula dalam operasi dan pengamanan pencegahan paparan Covid-19. Petugas memastikan warga yang dalam isolasi diri untuk tidak keluar rumah berinteraksi dengan warga lain. (Osy)

Read previous post:
SATGAS COVID-19 DIY REVISI DATA-Sembuh dari Corona, Meninggal Akibat Penyakit Penyerta

Close