27 Narapidana Jalani Asimilasi

MERAPI-ZAINI ARROSYID  Penyerahan narapidana pada keluarga di Rutan Temanggung
MERAPI-ZAINI ARROSYID
Penyerahan narapidana pada keluarga di Rutan Temanggung

TEMANGGUNG (MERAPI) – Sebanyak 27 narapidana menjalani asimilasi dengan dititipkan pada pihak keluarga untuk mengurangi resiko tertular Covid-19 di Rumah Tahanan Kelas II Temanggung. 21 narapidana diserahkan pada pihak keluarganya Jumat (3/4) sedang 6 lainnya Kamis (2/4).

Kepala Rutan Kelas II B Temaggung Tri Wahyu Santosa mengatakan narapidana yang menjalani asimilasi tersebut semuanya dalam keadaan sehat dan tidak terpapar Covid-19. Mereka selama ini berkelakuan baik. Maka itu jika nanti terpapar Covid-19 dan berbuat pelanggaran hukum merupakan tanggung jawab keluarga.

” Kami titipkan narapidana ini pada keluarga, jaga mereka agar tetap berkelakuan baik dan tidak terpapar Covid-19,” kata Tri Wahyu Santosa, saat penyerahan narapidana pada pihak keluarga, Jumat (3/4).

Dia berpesan pada keluarga agar para narapidana tersebut tidak dipekerjakan. Mereka untuk tetap di dalam rumah untuk sementara waktu. Mereka diperbolehkan keluar rumah hanya untuk melapor pada badai pemasyarakat satu minggu sekali. Pelaporan itu sifatnay wajib.

Dia mengatakan telah mengusulkan 48 narapidana, tetapi yang disetujui Kementerian Hukum dan HAM sejauh ini sebanyak 27 narapidana. Sedangkan yang lainnya masih menunggu, termasuk diantaranya mereka yang menjalani hukuman subsider dan telah membayar sebagian denda. Jumlahnya sekitar 8 narapidana.

Dikatakan kebijakan asimilasi pada pihak keluarga, karena penghuni rutan termasuk kelompok rentan terpapar Covid-19. Apalagi kapasitas rutan yang terkadang overload dari standar. Rutan Temanggung misalnya dari daya tampung ideal sekitar 94 narapidana dihuni lebih tersebut.

Seorang narapidana, Agus Suyanto mengaku bersyukur bisa menjalani asimilasi di rumah. Ia di hukum satu tahun penjara dan dua bulan lagi lepas. ” Saya harusnya bebas usai lebaran, ” kata dia sambil menggendong anaknya.

Dia berjanji tidak akan lagi menjambret dan berbuat kriminalitas. Kini akan bekerja yang halal, berapapun hasilnya harus disyukuri. (Osy)

Read previous post:
Melihat Istri Selingkuh

Close