Tiga Pasar Hewan Ditutup Sementara

SUKOHARJO (MERAPI) – Tiga pasar tradisional di Sukoharjo terpaksa ditutup sementara sebagai usaha pencegahan penyebaran virus corona. Penutupan dilakukan terhadap pasar yang buka pada waktu pasaran. Ketiganya, pasar hewan Tawangsari, pasar hewan Bekonang, Mojolaban dan pasar Gawok, Gatak. Keputusan tersebut diambil juga melihat adanya penetapan status kejadian luar biasa (KLB) virus corona di Kabupaten Sukoharjo.

Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Sukoharjo Sutarmo, Jumat (27/3) mengatakan, sudah dilakukan rapat koordinasi pengelola pasar hewan Tawangsari, pasar hewan Bekonang, Mojolaban dan pasar Gawok, Gatak pada Kamis (26/3). Hasil rapat memutuskan tiga pasar yang buka diwaktu pasaran tersebut ditutup sementara.

Keputusan tertuang dalam surat dengan nomor 440/544/III/2020 tertanggal 26 Maret 2020 tentang penutupan sementara pasar. Tiga pasar tersebut ditutup dengan jangka waktu masing masing berbeda.

Pasar hewan Tawangsari ditutup sementara mulai 26 Maret-5 April, pasar hewan Bekonang, Mojolaban 30 Maret-4 April dan pasar Gawok, Gatak 18 Maret-5 April. Pasar akan dibuka kembali setelah kondisi terkait kasus virus corona sudah dinyatakan pemerintah telah aman.

“Penutupan tiga pasar tradisional itu dalam rangka menindaklanjuti keputusan bupati Sukoharjo nomor 440/370 tahun 2020 tentang Penetapan KLB virus corona,” ujarnya.

Keputusan penutupan tiga pasar sudah disosialisasikan kepada masing masing lurah dan pengurus pasar. Diharapkan informasi tersebut bisa diteruskan ke para pedagang. Dinas Perdagangan, Koperasi dan Usaha Menengah Sukoharjo berharap keputusan tersebut dapat segera dilaksanakan pedagang.

“Sifatnya ditutup sementara mengingat kondisi sekarang KLB virus corona. Kami harap pedagang paham karena itu juga demi keselamatan bersama agar tidak tertular virus,” lanjutnya.

Dinas Perdagangan, Koperasi dan Usaha Menengah Sukoharjo juga meminta pada masyarakat untuk paham. Sebab keberadaan pasar yang tetap buka dikhawatirkan mengakibatkan kerumunan massa dan rawan terjadi penularan virus. Disamping itu ketiga pasar yang ditutup sementara memperdagangkan hewan.

“Untuk pasar tradisional lain tetap buka. Tiga pasar yang ditutup ini merupakan pasar hewan,” lanjutnya.

Selama penutupan tiga pasar nantinya tetap dilakukan pengelolaan dan perawatan rutin. Selain itu juga direncanakan dilakukan penyemprotan disinfektan untuk mencegah terjadinya penularan virus corona. (Mam)

Read previous post:
Ternyata Telah Setahun Ikut Pesta

BAPAKKU dan 3 kawannya sejak bujang suka tirakat atau nglakoni, dengan mendatangi tempat-tempat keramat. Lebih-lebih tempat yang ada nilai sejarahnya.

Close