Satu Warga Temanggung Positif Covid-19

MERAPI-ZAINI ARROSYID  Bupati saat sosialisasi dan pembentukan tim gugus tugas percepatan penanganan COVID-19 tingkat desa
MERAPI-ZAINI ARROSYID
Bupati saat sosialisasi dan pembentukan tim gugus tugas percepatan penanganan COVID-19 tingkat desa

TEMANGGUNG (MERAPI) – Bupati Temanggung Muhammad Al Khadziq menyatakan seorang warga di Kecamatan Pringsurat Kabupaten Temanggung terkonvirmasi dari Rumah Sakit Tidar Kota Magelang tempatnya bekerja, positif terpapar COVID-19.

Dinas Kesehatan Kabupaten Temanggung telah berusaha mengevakuasi dari rumahnya guna mendapatkan perawatan di ruang isolasi RSUD Temanggung, namun akhirnya tidak jadi setelah ada keterangan dari dokter dari RS Tidar Kota Magelang.

” Dokter dari RS Tidar menelpon katanya tidak perlu dirawat di RS lagi karena kondisinya semakin membaik. Sehingga kini menjalani isolasi Mandiri sampai 6 April 2020 mendatang,” kata Khadziq, saat sosialisasi dan pembentukan tim gugus tugas percepatan penanganan COVID-19 di Kecamatan Temangung Jumat (27/3) sore.

Dia mengatakan anggota keluarganya, yakni Ayah, ibu dan seorang adiknya kini masuk daftar ODP dan menjalani isolasi Mandiri di rumahnya. Mereka dilarang keluar rumah. Petugas dari dinas kesehatan dan aparat desa terus memantau agar mereka mematuhi isolasi itu. Sedang untuk mencukupi kebutuhan, warga desa dan tetangga bergotong royong untuk memenuhinya.

” Anggota keluarga nanti akan di ambil sampel swab,” katanya, sambil menyatakan di RSUD Temanggung terdapat 9 warga PDP.

Dia mengemukakan warga yang terpapar COVID-19 tersebut diduga tertular saat melayani seorang pasien pada 5 Maret lalu, yang kemudian dinyatakan positif. Pada pertengahan Maret mulai merasa demam dan menjalani perawatan. Hasil swab pertama negatif, dan pada tanggal 19 Maret lalu menjalani swab kembali.

Karena keadaanya semakin membaik, terangnya pada tanggal 24 Maret oleh dokter diperbolehkan pulang dan setelah pulang ia menandatangani surat untuk karantina mandiri, tetapi pada tanggal 27 Maret ada hasil lab yang kedua ternyata positif.

“Kita semua kaget angka di Temanggung yang nol, menjadi pecah telor sehingga ada satu orang dinyatakan positif,”

Dia meminta pada warga untuk mematuhi protokol-protokol kesehatan terkait penanganan COVID-19 dan harus disiplin seratus persen, tidak bisa diabaikan karena virus cepat sekali menyebar seperti di Jakarta dari dua menjadi banyak. Apalagi kini corona sudah sampai di Temanggung. (Osy)

Read previous post:
Antisipasi Penyebaran Covid-19, Pemudik Dihadang di 3 Titik

KARANGANYAR (MERAPI) - Para pemudik asal Jabodetabek yang datang ke kampung halamannya di Karanganyar menjalani screening oleh instansi terkait. Mereka

Close