Ditlantas Polda DIY Ujicoba Bilik Desinfektan

YOGYA (MERAPI)- Berbagai upaya dilakukan untuk mencegah dan mengurangi penyebaran virus corona. Salah satunya dilakukan seorang dosen Universitas Gadjah Mada, Mardhani Riasetiawan yang berhasil membuat bilik antiseptik untuk pencegahan corona. Bilik ciptaannya itu rencananya akan dipasang di kantor Ditlantas Polda DIY untuk mensterilkan warga yang datang.
“Alat ini untuk membantu mengurangi penyebaran virus corona di tengah kerumunan. Ada enam orang yang membuat bilik antiseptik ini,” beber Mardhani saat melakukan uji coba di Kantor Ditlantas Polda DIY, Senin (23/3).

Dosen Fakultas MIPA UGM ini mengaku hanya memanfaatkan sebuah bengkel yang ada di Bantul. Ia sengaja tak membuat di workshop yang ada di kampusnya lantaran UGM telah menutup aktivitas dan kegiatan di kampus.
“Karena kampus juga sudah ditutup, kami berusaha untuk bisa berkarya dan membuat sebuah alat yang bermanfaat untuk orang banyak,” katanya.
Bilik setinggi 2,5 meter dengan lebar 1,5 meter tersebut berbentuk kotak memanjang ke atas. Mardhani membeberkan, pihaknya menggunakan bahan stainless steel untuk rangkanya dan menutup dengan plastik tebal.

Di dalamnya terdapat 14 nozzle atau penyemprot cairan disinfektan ketika pengunjung memasuki kawasan kantor pelayanan BPKB Ditlantas Polda DIY. Durasi penyemprotan sendiri sekitar tiga sampai empat detik.
“Ketika pengunjung masuk, kami arahkan untuk berputar 360 derajat serta mengangkat tangan dan kaki agar bakteri yang menempel bisa mati,” jelasnya.
Namun ia tak menampik bahwa alat itu hanya bisa membunuh kuman dan bakteri, sedangkan virus yang terpapar belum dipastikan bisa mati dengan alat itu. Namun setidaknya alat itu dapat mengurangi penyebaran virus corona.
“Ini salah satu upaya kami membuat bilik antiseptik. Melihat kantor Samsat yang cukup ramai dikunjungi masyarakat, kami rasa alat semacam ini perlu,” katanya.

Dirlantas Polda DIY Kombes Pol I Made Agus Prasetya menuturkan, dalam sehari pengunjung yang datang untuk mengurus surat-surat mencapai 100-150 orang. Sehingga rencananya alat itu akan dipasang beberapa titik.
“Jadi bilik disinfektan ini dipasang di beberapa titik, nantinya pengecekan suhu pengunjung juga akan kami lakukan ketika masuk ke ruangan,” ujar Kombes Pol Made.
Tidak hanya Ditlantas Polda DIY saja yang akan dipasangi bilik antiseptik tersebut. Rencananya di beberapa layanan publik, yakni satlantas wilayah lain, juga akan disiapkan, namun saat ini sementara hanya dipasang di kantor Ditlantas.
“Ke depan dari tim pembuat akan menyiapkan bilik untuk di Satlantas jajaran,” pungkasnya.(Shn)

Read previous post:
APD Rumah Sakit Hanya Cukup untuk Satu Bulan

DANUREJAN (HARIAN MERAPI) - Dinas Kesehatan DIY telah mendapatkan kiriman alat pelindung diri (APD) dari pemerintah pusat melalui Badan Nasional

Close