RAUP 94 MEDALI EMAS – Bantul Dua Kali Hatrik Juara Popda DIY


Kepala BPO Disdikpora DIY, Eka Heru Prasetya (kanan) menyerahkan trofi juara umum kepada Kabid Pemuda dan Olahraga Disdikpora Bantul, Joko Surono. (HARIAN MERAPI-BENI WIDYASWORO)

YOGYA (HARIAN MERAPI) – Kontingen Kabupaten Bantul akhirnya mengukuhkan dirinya menjadi juara pada gelaran Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda) DIY 2020. Gelar yang diraih tim Projotamansari tersebut merupakan yang ke-6 kali berturut-turut alias dua kali hatrik setelah pada upacara penutupan yang dilakukan di GOR Among Raga, Yogya, Jumat (20/3), Bantul menduduki peringkat teratas perolehan medali.

Berada di pucuk pimpinan klasemen akhir, Bantul mengoleksi hampir mencapai 100 medali emas yakni dengan 94 emas, 75 perak dan 77 perunggu dari 29 cabang olahraga (cabor) yang dipertandingkan. Jumlah tersebut meningkat secara signifikan, dimana pada raihan tahun lalu, Bantul mengumpulkan 75 emas, 68 perak dan 66 perunggu.

Atas hasil yang diraih Bantul, Kabid Pemuda dan Olahraga Disdikpora Bantul, Joko Surono menyambutnya dengan gembira. “Target kami sebenarnya 100 emas tapi masih kurang 5 emas, jadi hanya 95 emas. Itu perhitungannya gateball yang masuk eksibisi juga dimasukkan. Namun secara keseluruhan, kami apresiasi dengan hasil luar biasa yang ditunjukkan para atlet Bantul,” ujarnya di sela upacara penutupan kemarin.

Sementara itu kontingen yang berada di peringkat kedua yaitu Kabupaten Sleman dengan 68 emas, 56 perak dan 92 perunggu. Kota Yogya harus puas berada di posisi ketiga dengan 42 emas, 39 perak dan 58 perunggu. Peringkat keempat diduduki Kulonprogo dengan 17 emas, 36 perak dan 51 perunggu, serta Gunungkidul di posisi kelima dengan 14 emas, 29 perak dan 96 perunggu.

Dalam upacara penutupan kemarin, Kepala Balai Pemuda dan Olahraga (BPO) Disdikpora DIY, Eka Heru Prasetya mengatakan, pihaknya sangat mengapresiasi apa yang dilakukan Bantul dalam melakukan pembinaan olahraga sehingga mampu meraih gelar juara untuk kesekian kalinya.

“Harapan kami daerah lain bisa mengikuti apa yang telah dilakukan kontingen Bantul. Tentu para atlet lain bisa termotivasi dengan apa yang diraih Bantul. Pembinaan olahraga di tingkat pelajar yang dilakukan kontingen Bantul berarti memang maksimal,” katanya. (Oro)

Read previous post:
PMI DIY Bantu Perlengkapan Cegah Corona

GAMPING (HARIAN MERAPI) - Mewabahnya virus corona di Daerah Istimewa Yogyakarta membuat beberapa instansi melakukan upaya pencegahan, tak terkecuali Palang

Close