DIY Siap Ajukan Diri Jadi Tuan Rumah PON XXII-2028

YOGYA (HARIAN MERAPI) – Keberanian ditunjukkan KONI DIY yang bersiap untuk mengajukan DIY sebagai tuan rumah penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) XXII-2028. Keinginan untuk turut mengajukan diri menjadi tuan rumah tersebut tak lepas adanya perubahan Peraturan Pemerintah No 17 Tahun 2007 yang menyebutkan bahwa tuan rumah PON bisa diberikan kepada lebih dari satu provinsi.

“Karena PON sudah bisa digelar lebih dari satu daerah, kami akan coba ajukan jadi tuan rumah. Dulu Gubernur juga pernah mewacanakannya, sehingga ini bisa kami coba untuk ingkatkan lagi pada beliau,” terang Ketua Umum KONI DIY, Djoko Pekik Irianto di Kantor KONI DIY, Yogya, Senin (16/3).

Disebutkan Djoko Pekik, untuk penyelenggaraan PON XXI-2024 akan diselenggarakan di dua daerah, yakni Sumatera Utara dan Aceh. “Nah, untuk PON setelah itu, yang kami incar untuk mengajukan tuan rumah. Waktu persiapannya juga kami rasa cukup panjang. Untuk bidding tuan rumah kan 6 tahun sebelum pelaksanaan, jadi 2022 kami harus siap untuk ikut bidding,“ ujarnya.

Lebih lanjut, Djoko Pekik juga melihat kemungkinan untuk mengajak Jawa Tengah menjadi patner penyelenggaraan PON pada 2028 tersebut. Selain secara geografis letaknya berdekatan, Djoko Pekik juga tak memungkiri bahwa pihaknya sudah melakukan pendekatan secara informal dengan KONI Jawa Tengah.

Selain itu, melihat dari sisi sarana dan prasarana yang dimiliki DIY maupun Jateng, sudah cukup memadai, baik untuk venue pertandingan, akomodasi kontingen hingga sumber daya manusia. “Kan nanti tinggal disepakati saja untuk bidding bersama. Apakah cabor (cabang olahraga)ini mau main di DIY atau mau main di Jateng. Tentu juga dilihat dari ketersediaan fasilitas yang memenuhi standar nasional maupun internasional,” bebernya.

Menanggapi kemungkinan DIY menjadi tuan rumah PON, Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset (BPKA) DIY, Bambang Wisnu Handoyo mengungkapkan bahwa DIY bisa dinilai layak sebagai calon tuan rumah PON jika dinilai sukses menjadi tuan rumah pelaksanaan Piala Dunia FIFA U-20 tahun depan.

“Piala Dunia FIFA U-20 tahun 2021 akan menjadi tes bagi DIY untuk menyelenggarakan even besar. Ya itu dilihat dari kesiapan akomodasi, transportasi hingga sumber daya manusia. Jika sukses, DIY mungkin siap untuk menjadi tuan rumah even lain, termasuk PON,” ungkap pria yang juga menjabat Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga DIY itu. (Oro)

Read previous post:
MERAPI-ISTIMEWA Dandim Kulonprogo menyerahkan berkas proyek TMMD
TMMD Reguler Kodim Kulonprogo

TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler ke-107 tahun 2020 Kodim 0731/Kulonprogo secara resmi dibuka, Senin (16/3/2020). Dandim Kulonprogo sekaligus bertindak

Close