DITAHAN TIRA PERSIKABO 0-0 – PSS Gagal Amankan Tiga Angka

SLEMAN (HARIAN MERAPI) – PSS Sleman gagal mengamankan tiga angka di kandang sendiri Stadion Maguwoharjo Sleman usai ditahan imbang tanpa gol oleh Tira Persikabo, Minggu (8/3) malam. Hasil pertandingan di pekan kedua Liga 1 itu belum mengubah posisi PSS di klasemen sementara.

Bagus Nirwanto dan kawan-kawan masih duduk di peringkat 13 klasemen sementara satu tingkat lebih baik dari Tira Persikabo. Pekan depan PSS akan kembali melakoni laga tandang yang cukup sulit di mana mereka sudah ditunggu Persib Bandung.

Dejan Antonic mengawali debut sebagai pelatih PSS dengan formasi kesukaannya 4-2-3-1. Zah Rahan langsung diturunkan meski baru dua kali latihan bersama Laskar Sembada. Gelandang senior berusia 35 tahun itu dipasang di belakang Yevhen Bokhasvili bersama Jefri Kurniawan dan Irfan Bachdim. Di awal babak pertama komposisi ini cukup menjanjikan. Lima menit laga berjalan, PSS mendapat peluang emas lewat Yevhen Bokhasvili yang pergerakkanya mampu mengelebaui barisan bek Persikabo. Sayang tandukannya masih tipis dari tiang gawang.

Tim tamu tersengat lewat peluang Yevhen yang nyaris menjadi gol tersebut. Persikabo menambah kecepatan aliran bola. Mereka juga mengeksploitasi sisi kiri pertahanan tuan rumah yang dijaga Arthur Kurniawan. Richard Marasabessy beberapa kali mampu melewati Arthur lalu mengirimkan umpan berbahaya ke dalam kotak penalti PSS. Beruntung peluang yang datang dari Andi Bayouw maupun Ciro Alves menerima umpan Marasabessy tidak menemui sasaran.

Memasuki menit 30, Dejan mengubah taktik dalam komposisinya. Batata yang awalnya hanya mengcover area tengah membantu serangan dari sayap kiri sedangkan Zah Rahan turun sebagai gelandang murni. Irfan Bachdim yang beroperasi di kiri pindah ke sayap kanan. Taktik ini membuat Persikabo kesulitan mengantisipasi pergerakan para pemain PSS sehingga lebih banyak bertahan. Tuan rumah mendapat peluang emas di 10 menit terakhir babak pertama melalui tendangan jarak jauh Wahyu Sukarta yang bisa ditepis kiper Persikabo Dwi Kuswanto. Skor kacamata bertahan hingga babak pertama usai.

Tuan rumah langsung tancap gas di awal babak kedua. Mereka nyaris membobol gawang Dwi Kuswanto saat Yevhen menyambar bola liar hasil kemelut dalam kotak penalti. Namun barisan pertahanan Persikabo mengamankan sontekan striker asal Ukraina itu. Usai peluang emas itu PSS makin nyaman menguasai permainan. Persikabo yang lebih banyak tertekan hanya mengandalkan serangan balik. Di sisi lain serangan tuan rumah juga belum bisa mengubah skor.

Dejan memasukan Derry Rachman lalu Irkham Milla menggantikan Jefri Kurniawan untuk menambah daya gedor. Masuknya Derry Rachman menyulitkan Ciro Alves di sayap kanan yang di babak pertama begitu leluasa bersama Marasabessy. Situasi ini menguntungkan tuan rumah yang kian nyaman melakukkan serangan ke pertahanan Tira Persikabo. Menit 76, PSS kembali menyiakan kesempatan emas melalui tendangan bebas Zah Rahan yang sebenarnya berjarak cukup dekat dengan gawang. Hingga menit 85, PSS sudah melakukan 10 kali tembakan sedangkan Persikabo baru satu kali.

Di injury time laga makin panas. Kedua kesebelasan ngotot berebut bola. Derry Rachman harus menerima kartu merah dari wasit karena melakukan pelanggaran keras. Hingga wasit meniup peluit panjang skor tidak berubah. (Des)

Read previous post:
ilustrasi
Menimbun Masker

DI tengah kelangkaan persediaan masker, ada saja orang yang memanfaatkannya untuk kepentingan pribadi. Di Semarang, tiga pengusaha diamankan polisi karena

Close