POLSEK GAMPING GELAR RAZIA- Tak Dilengkapi Surat, 9 Motor Diamankan


Petugas merazia para pelajar SMP. (MERAPI-SAMENTO SIHONO)
Petugas merazia para pelajar SMP. (MERAPI-SAMENTO SIHONO)

GAMPING (MERAPI)-Sebanyak 9 unit sepeda motor diamankan Polsek Gamping karena pengendaranya tidak mempunyai Surat Izin Mengemudi (SIM) dan surat kendaraan.
Kendaraan itu diamankan saat petugas merazia pelajar SMP yang membawa motor ke sekolah. Razia dilakukan di Jalan Yogya-Wates, tepatnya perempatan Ambarketawang Gamping, Rabu (4/3) pagi.


Staf Humas Polsek Gamping Aipda Itmam Arifudin mengatakan, polisi menyita kendaraan karena tidak dilengkapi surat-surat dan pengendara tidak punya SIM. Sepeda motor tersebut kemudian diamankan di Polsek Gamping.
“Kendaraan baru bisa diambil kalau surat-suratnya lengkap dan membawa bukti pembayaran tilang,” beber Itmam.
Selain itu, orangtua siswa dan guru juga akan diundang ke Polsek untuk pembinaan. Termasuk untuk menyamakan persepsi dan membuat surat pernyataan untuk tidak mengulangi perbuatannya.


Menurutnya, orangtua seharusnya tidak mengizinkan anaknya mengendarai sepeda motor jika belum mempunyai SIM. Hal tersebut, menurut Aipda Itmam, bisa membahayakan keselamatan para siswa saat di jalan raya.
Kapolsek Gamping Kompol Sudaryo menambahkan, razia dilakukan serentak seluruh wilayah Sleman sesuai dengan perintah Kapolres Sleman AKBP Rizky Ferdiansyah. Tujuanya untuk menekan angka kecelakaan lalulintas.


“Angka kecelakaan lalulintas yang melibatkan anak di bawah umur jumlahnya sangat tinggi. Termasuk mencegah kenakalan remaja seperti tawuran dan kejahatan jalanan,” katanya.
Berdasarkan undang-undang Lalu Lintas tahun 2009 pemegang SIM minimal berusia 17 tahun. Jika belum memiliki SIM, mengendarai motor dapat dipidana kurungan paling lama 4 bulan atau denda paling banyak Rp 1 Juta.


“Kami imbau kepada orangtua agar tidak memberikan motor kepada anaknya yang belum cukup umur. Karena hal itu sangat membahayakan,” imbaunya.
Kompol Sudaryo menambahkan, Polsek Gamping juga sudah berkoordinasi dengan sekolah-sekolah baik SMP atau SMA/SMK, agar melarang para siswanya mengendarai sepeda motor ke sekolah jika belum mempunyai SIM. (Shn)


Read previous post:
KASUS PENCEMARAN SUNGAI BELIK SELESAI- Relawan Peduli Lingkungan Tebar 1.000 Benih Ikan

PLERET (MERAPI)- Ratusan Relawan Peduli Lingkungan yang tergabung dalam Forum Komunikasi Ormas dan Relawan (FKOR) DIY melakukan tebar 1.000 benih

Close