Bank BPD DIY Bima Perkasa Telan Kekalahan ke-7

KEDIRI (HARIAN MERAPI) – Bank BPD DIY Bima Perkasa tampaknya masih belum bebas dari kutukan “paruh kedua” di Seri V Indonesian Basketball League (IBL) yang berlangsung di GOR Jayabaya Kediri Jumat (28/2) hingga Sabtu (29/2).

Saat menghadapi Satria Muda Pertamina, Sabtu (29/2) malam skuad yang diarsiteki Raoul Miguel Hadinoto itu sempat mengimbangi Satria Muda di babak pertama. Namun di babak kedua, persentase field goals mereka lagi-lagi terjun bebas lalu membuat Mamadou Diakite dan kawan-kawan menelan kekalahan ke-7 mereka musim ini dengan 57-73.

Laga antara Bank BPD DIY Bima Perkasa dan Satria Muda Pertamina berjalan ketat sejak kuarter pertama. Defense ketat kedua tim membuat perolehan angka bergerak lambat. Satria Muda menutup kuarter pertama dengan selisih dua angka 12-10.

Di kuarter dua permainan Bank BPD DIY Bima Perkasa membaik. Field goals mereka mencapai 37 persen sedangkan Satria Muda hanya 35 persen. Di sisi lain Satria Muda yang sudah terkena team foul terpaksa melonggarkan defense yang dimanfaatkan Bank BPD DIY Bima Perkasa dengan baik lalu menutup paruh pertama dengan skor sama kuat 27-27.

Satria Muda yang tersengat di kuarter dua pelan-pelan mulai bangkit di kuarter tiga. Drive Gary Jacobs ke paint area sulit dihentikan. Satria Muda sempat unggul jauh namun di empat menit terakhir Bank BPD DIY mampu memangkas selisih angka lalu mengakhiri kuarter dengan 40-44.

Satria Muda Pertamina menambah tempo di kuarter empat yang membuat Bank BPD DIY kewalahan lalu kalah 57-73. Field goals Bank BPD DIY Bima Perkasa turun ke 32 persen sedangkan Satria Muda meroket hingga 44 persen.

“Game plan kami berjalan dengan baik, tapi akurasi di kuarter terakhir sangat buruk. Para pemain juga membiarkan lokal mereka (Satria Muda) mudah mencetak angka. Ini akan jadi evaluasi kami,” terang Pelatih Bank BPD DIY Bima Perkasa, Raoul Miguel Hadinoto usai pertandingan.

Mamadou Diakite legiun asing Bank BPD DIY Bima Perkasa asal Mali menjalankan tugasnya dengan baik. Mengawali laga dari bench, Mamadou mencetak double-double 16 angka dan 13 rebound. Catatan itu adalah double-double ke-4 Diakite sejak bergabung dengan Bank BPD DIY Bima Perkasa di seri III Jakarta. Filip Pejovic mencetak 11 angka diikuti Tifan Pradita dengan 7 angka.

Top skor pertandingan sendiri milik pemain Satria Muda, Gary Jacobs dengan 24 angka. Meski kalah, Bank BPD DIY Bima Perkasa menorehkan catatan apik di mana para pemain bangku cadangan mencetak 29 angka, tertinggi selama lima seri.

Satria Muda Pertamina sendiri menjadi satu-satunya lawan Bank BPD DIY Bima Perkasa di Kediri. Seharusnya mereka juga berhadapan dengan Prawira Bandung namun harus ditunda karena gim sebelumnya berakhir terlalu malam. “Gim terpaksa ditunda demi kemanan para pemain,” beber Junas Miradiansyah selaku Direktur Utama IBL. (Des)

Read previous post:

Close