Tugas Berat PSS Curi Poin Saat Dijamu PSM

SLEMAN (HARIAN MERAPI) – Dua puluh pemain PSS Sleman bertolak ke Makassar Jumat (28/2) siang. Mereka akan berhadapan dengan tuan rumah PSM Makassar di laga perdana Liga 1 di Stadion Andi Mattalata, Makassar, Minggu (1/3) besok. Laga menghadapi PSM juga menandai debut Dejan Antonic mengarsiteki Laskar Sembada. Meski sudah ditemani eks pelatih Persib dan Borneo FC itu, mencuri angka dari tim yang dibesut Bojan Hodak bukan perkara mudah.

Faktor pertama, Bagus Nirwanto dan kawan-kawan belum pernah berlatih taktik dan formasi di bawah Dejan Antonic karena pelatih asal Serbia itu baru bisa bergabung di Makassar.

Danilo Fernando, asisten pelatih yang menemani skuad berlatih usai ditinggal Eduardo Peres Moran lima hari sebelum kick off juga belum punya taktik matang yang bisa digunakan.

Dua uji coba PSS di bawah Edu, masing-masing melawan Persib dan Persipura juga tidak bisa jadi patokan karena bermain dengan dua formasi dan pemain yang berbeda-beda.

Kedua, belum padunya para pemain anyar. Sejumlah pemain bintang seperti Irfan Bachdim, Misbakhul Solikhin, dan Luthfi Kamal datang ke latihan setelah Eduardo hengkang. Mereka tak sempat berlatih taktik dengan calon rekan duet mereka. Sebut saja Misbakhul Solikhin yang akan berduet dengan Guilherme Batata menjaga lini tengah dan Irfan Bachdim dengan Yevhen Bokhasvili di lini depan. Ditambah belum adanya ide permainan dari tim pelatih untuk menahan gempuran tuan rumah, PSS diprediksi sulit membawa pulang angka.

Namun asisten pelatih PSS, Danilo Fernando sendiri optimis para pemain PSS bisa memenuhi target satu angka. Keyakinan itu bermula setelah melihat kondisi fisik para pemainnya yang cukup baik dibandingkan PSM yang baru saja bertanding di fase grup AFC Cup menghadapi Shan United.
Faktor kebugaran ini bagi Danilo bakal membuat timnya bicara banyak di lapangan.

“Kondisi fisik anak-anak cukup bugar, tidak ada yang cedera dari pemain yang kami bawa. Lalu mereka akan latihan sama Dejan besok (hari ini), masih ada waktu kan. Kondisi fisik yang bagus dan dengan pengalaman Dejan, saya sudah kenal lama dengan dia, saya optimis bisa penuhi target,” tegas Danilo.

Melihat komposisi skuad yang dibawa plus formasi favorit Dejan, tampaknya PSS akan menggunakan 4-2-3-1 menghadapi PSM. Di bawah mistar nama Ega Rizky sulit tergantikan melihat Andre Mole dan Alex Sander belum konsisten menjaga gawang. Absennya Alfonso de La Cruz jadi kesempatan Asyraq Gufron membuktikan diri lebih baik dari bek asal Spanyol itu di mata Dejan. Ia bakal membentengi pertahanan dengan Bagus Nirwanto, Aaron Evans, dan Derry Rachman.

Sedangkan dua gelandang bertahan bakal dipercayakan pada Misbakhul Solihin dan Guilherme Batata dengan tiga gelandang serang, Irfan Bachdim, Irkham Milla, dan Dendi Agustan dengan Yevhen Bokhasvili di depan. “Para pemain fokus dan fokus menghadapi PSM. Itu saja yang bisa saya katakan,” tegas kapten Bagus Nirwanto.

Sementara itu tuan rumah menghadapi laga dengan kepercayaan diri usai menaklukkan Shan United 3-1. Bojan Hodak tidak akan mengubah banyak komposisi pemain menghadapi PSS. Yakob Sayuri dan striker Giancarlo Lopes masih jadi andalan Bojan. Hanya ada satu perubahan di lini tengah di mana Rasyid Bakrie akan menggantikan Ahmad Agung. Rasyid sendiri sengaja disimpan saat menghadapi Shan United agar fit meladeni perlawanan Laskar Sembada.

Satu hal yang wajib diwaspadai PSS adalah skuad Bojan selalu mengincar gol cepat ke gawang lawan dengan permainan menyerang cepat dari sisi sayap sejak peluit babak pertama dibunyikan. Selain itu gelandang asal Belanda, Pluim juga sangat bugar karena tidak main saat melawan Shan United. (Des)

Read previous post:
Koordinasi Lini Pertahanan Timnas U-16 Jadi PR

SLEMAN (HARIAN MERAPI) - Tim Nasional (Timnas) U-16 harus puas bermain imbang 1-1 dengan PSS Sleman U-16 di Lapangan UII

Close