Pak TD Datangkan Juru Masak dari Kampung Bakmi Jawa

PERNAH mendengar atau berkunjung ke Piyaman Gunungkidul? Kawasan ini dikenal dengan kuliner bakmi Jawanya, sehingga dijuluki Kampung Bakmi Jawa. Tak sedikit warga di Piyaman mampu membuat masakan bakmi dengan cita rasa benar-benar maknyus.

Selain faktor kipiawaian, beberapa bahan berkualitas juga menentukan antara lain menggunakan ayam kampung asli, telur bebek dan aneka bumbu asli. Bahan bahan bakar untuk memasak, yakni arang kayu kualitas bagus juga menentukan cita rasa masakan. Beberapa alasan seperti ini mendorong Kuntadi atau akrab disapa Pak TD mendatangkan juru masak bakmi Jawa dari Piyaman Gunungkidul di lokasi kulinernya, bakmi Jawa Pak TD.

“Kami biasa menyapa juru masak bakmi Jawa di sini Mbah Parjiyo. Saya dan istri, beberapa waktu lalu sengaja datang ke Piyaman untuk mencari juru masak. Alhamdulillah, Mbah Parjiyo berkenan sebagai juru masak bakmi Jawa di tempat kami. Ia juga dikenal sudah banyak mengajarkan memasak bakmi Jawa yang baik dan benar kepada generasi muda di sekitar tempat tinggalnya,” beber Pak TD, baru-baru ini.

Ditemui di lokasi usahanya kawasan Ngemplak (Jalan Gesikan – Tangkilan) Sidoarum Godean Sleman, suami dari Ratih Listyorini ini menambahkan, pihaknya sengaja menyediakan masakan bakmi Jawa dan nasi goreng di dekat areal persawahan, antara lain akan memudahkan para pencari kuliner pada malam hari. Dengan suasana alami dekat sawah diharapkan mampu menambah suasana santai. Sehingga wajar juga, beberapa kelompok sering menggelar rapat dan arisan di kompleks kuliner tersebut.

“Bahkan ada kelompok siskamling atau ronda sering datang bareng-bareng untuk makan di sini,” Pak TD.

Ketika pihaknya menggunakan ayam kampung asli dan telur bebek pilihan (umur telur tak lebih dari tiga hari) banyak konsumen bisa niteni. Pasalnya, kedua bahan ini mampu memberikan cita rasa lezat, sehingga konsumen tak merasa kapok untuk datang lagi. Ayam kampung yang digunakan juga sudah babon, jadi ketika dijadikan bahan untuk membuat kaldu kuah juga lebih gurih dan nikmat.

“Kebetulan kami penyuka masakan bakmi Jawa, nasi goreng dan soto. Jadi, pada pagi sampai sore, di lokasi sini juga ada soto dan banyak dipegang anak saya,” tambahnya.

Adikara yang dipercaya memegang soto daging sapi Pak TD, menjelaskan, untuk menu spesial soto daging sapi biasa dimulai pukul 06.00 sampai pukul 16.00, namun ketika akhir pekan atau hari libur jika cepat habis, sebelum pukul 16.00 sudah tutup. Kekhasan penting lain dari warung soto antara lain, konsumen dapat memesan beberapa jenis gorengan dan juru masak siap menggorengkan. Sejumlah minuman instan dari bahan alami seperti wedang serai, temulawak, sinom dan sekoteng banyak dipesan juga oleh konsumen.

“Soto dengan bumbu-bumbu khas mampu menghangatkan badan dan memperlancar aliran darah, cocok dipadu dengan aneka jenis minuman termasuk yang menggunakan bahan-bahan alami menyehatkan,” tegasnya. (Yan)

Read previous post:
Gantikan Eduardo, Dejan Antonic Tangani PSS

SLEMAN (HARIAN MERAPI) - Manajemen PSS Sleman akhirnya menunjuk Dejan Antonic menjadi suksesor Eduardo Perez Moran yang mengundurkan diri. Eks

Close