SAKIP RAIH PREDIKAT AA-Pemda DIY Terbaik se-Indonesia

YOGYA (HARIAN MERAPI) – Pemda DIY kembali raih predikat AA pada penghargaan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemda (SAKIP) yang diserahkan langsung Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Tjahjo Kumolo di Hotel Tentrem, Senin (24/2). Pada tahun sebelumnya, Pemda DIY juga mendapatkan predikat yang sama dan satu-satunya di Indonesia.

Tjahjo mengatakan dengan adanya SAKIP dapat mendorong semua Pemda untuk mengefisiensikan anggaran program sehingga akuntabilitas kinerja Pemda bisa terwujud secara optimal.

“Yogyakarta dari 3.000 (program) lebih bisa diringkas menjadi 800 program sehingga outputnya bisa dirasakan masyarakat, optimalisasi anggaran. Tidak sekadar penyederhanaan namun akuntabilitas secara luas,” ungkapnya usai penganugerahan.

Ia mencontohkan misalnya pembangunan rumah sakit yang awalnya belum diprogramkan bisa disusulkan. Selain itu dapat meningkatkan SDM juga merupakan visi misi Presiden Jokowi.

Sementara, Gubernur DIY Sri Sultan HB X mengatakan kinerja yang baik tidak sekadar bagaimana tingkat serapan fisik maupun prosentase serapan anggaran yang tinggi. “Melainkan justru menekankan bagaimana serapan yang sudah dilakukan untuk mendukung capaian outcome atau hasil,” ungkapnya.

Dalam mewujudkan akuntabilitas kinerja, menurut Sultan dibutuhkan proses yang panjang dalam melakukan perubahan melalui terobosan yang sistematis dan inovatif yang mengedepankan pelayanan yang beroriemntasi pada hasil. “Membangun tata kelola yang baik membutuhkan proses dan tidak bisa dilakukan secara instan,” imbuh Sultan.

Di sisi lain, Pemerintah Kota Yogyakarta akhirnya meraih penghargaan dalam penyelenggaraan SAKIP tahun 2019 dengan predikat A. Predikat itu meningkat dibandingkan evaluasi SAKIP tahun sebelumnya dengan BB.

Menurut Wakil Walikota Yogyakarta Heroe Poerwadi prestasi yang berhasil ditorehkan Pemkot Yogyakarta itu didorong karena adanya sejumlah terobosan. Salah satunya terkait inovasi pelayanan publik.

“Sebagai contoh yakni pengarusutamaan inovasi pelayanan publik. Salah satu layanan yang terbukti berhasil dan menjadi unggulan di Pemerintah Kota Yogyakarta yakni Jogja Smart Service (JSS),” kata Heroe, usai menerima penghargaan. (C-4/Tri)

Read previous post:
PEMKAB SLEMAN RAIH PREDIKAT A SAKIP DUA KALI BERTURUT-TURUT-Buah dari Kerja Keras, Kerja Cerdas dan Kerja Ikhlas

SLEMAN (MERAPI)-Pemerintah Kabupaten Sleman kembali meraih prestasi implementasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) 2019 dengan predikat A. Predikat tersebut

Close