Maling HP Dikejar Satpam, Diteriaki, Dimassa Sampai tak Berdaya

PUNDONG (MERAPI)- Aksi sigap seorang satpam sebuah perusahaan di Pundong Bantul, Surya Gupita patut diacungi jempol. Hanya berbekal rekaman closed circuit television (CCTV), dia berhasil mengejar pencuri HP yang sudah ngacir sejauh 1 km, Selasa (18/2) petang. Pelarian dua orang pelaku ini berakhir dengan amukan masa. Beruntung pihak kepolisian cepat datang ke lokasi dan menyelamatkan dua pelaku, MR (21) warga Bekasi dan HP (30) warga Sumatra Selatan dari kebringasan massa.

Kapolsek Pundong, AKP Haryanto kepada wartawan, Rabu (19/2) menjelaskan, pencurian itu terjadi di pos satpam perusahaan tempat saksi bekerja yang berada di Dusun Jamprit, Panjangrejo, Pundong, Bantul. Hari itu sekitar pukul 17.00 WIB, Surya Gupita meninggalkan pos satpam untuk menghitung jumlah tabung gas elpiji di dalam gedung perusahaan. Tidak berselang lama, setelah menyelesaikan tugasnya, satpam tersebut kembali ke pos keamanan. Saat itu diketahui sebuah handphone inventaris perusahaan yang sebelumnya ditinggal di pos satpam ternyata sudah lenyap. “Dia balik lagi ke pos ternyata HP-nya sudah tidak ada,” terangnya.

Seketika dia kemudian berinisiatif untuk melihat apa yang terjadi melalui rekaman CCTV. Rekaman itu menunjukkan ada dua orang yang tidak dikenal masuk ke dalam pos satpam dan mengambil handphone tersebut. Tidak butuh waktu lama, dia mencermati ciri-ciri pelaku yang saat itu mengenakan celana warna biru dan putih. Tidak ingin maling itu kabur, satpam tersebut kemudian langsung melakukan pengejaran. “Dia melihat CCTV, lalu dikejarlah dua pelaku itu,” urai Kapolsek.
Pengejaran yang dilakukan petugas keamanan itu membuahkan hasil. Tepatnya di Sempalan Pundong, Jalan Parangtritis, Patalan, Bantul keduanya terlihat oleh sang satpam. Seketika itu kedua pelaku diteriaki maling oleh Surya yang langsung melakukan penangkapan. Teriakan itu mengundang warga yang berada di lokasi tersebut membantu Surya mengamankan pelaku. Massa yang datang sempat menghujani para pelaku dengan bogem mentah. Tak ayal dua orang bertato itu mengalami luka lebam di wajah hingga tak berdaya. “Polisi yang mendapatkan laporan langsung bergerak cepat menuju ke TKP (Tempat Kejadian Perkara), dan langsung melakukan pengamanan untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak kita inginkan,” imbuhnya.

AKP Haryanto menambahkan, petugas kepolisian membawa pelaku ke Mapolsek Pundong untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut. Kepada petugas, keduanya mengakui telah mencuri handphone yang ditaksir senilai Rp 1,8 juta tersebut. Hingga kemarin, petugas kepolisian masih mengamankan pelaku di sel tahanan Mapolsek Pundong untuk dilakukan pemeriksaan intensif. “Masih dalam proses penyidikan, pelaku kami amankan di Mapolsek,” pungkasnya. (C1/Roy)

Read previous post:
Curi 10 Mobil Rental untuk Foya-foya

BULAKSUMUR (MERAPI)- Dengan dalih terlilit utang hingga puluhan juta rupiah, PW (28) warga Ngestiharjo, Kasihan, Bantul nekat mencuri 10 mobil

Close