Naik Motor ke Sekolah, 60 Siswa SMP Dirazia

PAKEM(MERAPI)- Sebagai antisipasi terjadinya aksi kejahatan jalanan atau klitih dan kecelakaan, petugas Polsek pakem melakukan razia pelajar SMP yang nekat membawa sepeda motor ke sekolah, Kamis (13/2) pukul 06.00 WIB.
“Sasaran razia ini pelajar yang memakai sepeda motor dikarenakan belum cukup umur dan belum mempunyai kelengkapan surat-surat kendaraan,” beber Kapolsek Pakem Kompol Haryanta, di sela-sela razia kendaraan.
Kompol Haryanta mengatakan, razia di Jalan Lor RS Ghrasia, Dusun Tegalsari Pakem, sasarannya kendaraan khusus anak-anak SMP Muhammadiyah Pakem. Petugas menilang siswa yang kedapatan membawa sepeda motor.
Selain tak mempunyai SIM, sebagian besar motor pelajar itu kondisinya tak lengkap, seperti tanpa spion, knalpot blombong, hingga tak pakai helm. Sebanyak 60 kendaraan diperiksa dan pengendara tidak memakai kelengkapan.

“Jumlah pelajar yang kena razia ada 60 siswa. Semua tidak mempunyai kelengkapan. Semua pelajar yang motornya disita kami bawa ke Polsek Pakem,” jelasnya.
Menurutnya, kendaraan siswa-siswi SMP yang terjaring razia diamankan di Polsek Pakem. Nantinya kendaraan diwajibkan diambil oleh orangtua wali siswa di Polsek Pakem, selanjutnya akan dilakukan pembinanan.
“Kami merazia ini untuk menekan angka kecelakaan lalu lintas dan kejahatan jalanan. Karena kebanyakan disebabkan anak yang berkendara di bawah umur,” tegasnya.
Tak hanya diberi sanksi tilang, tambah Kompol Haryanta, para pelajar diminta membuat surat pernyataan yang harus ditandatangani orangtua mereka. Sehingga para siswa nantinya tidak akan mengulangi perbuatannya.

“Bagi anak-anak setingkat SMP yang hendak berangkat sekolah seharusnya naik sepeda atau naik angkot dan diantar orang tua. Karena kalau naik sepeda motor sendiri sangat berbahya,” imbaunya. Seperti diketahui, banyak kasus klitih dipicu pelajar SMP yang bawa motor kemudian keluyuran hingga malam hari. (Shn)

Read previous post:
Harga Bawang Putih Turun Tapi Masih Awet Mahal

HARGA bawang putih di pasar tradisional Kota Yogyakarta mulai turun selama dua hari ini setelah dua minggu lalu meroket. Namun

Close