Dishub Sleman Jaring Bus dan Truk Nakal

MERAPI-MUHAMMAD RIDWAN  Kendaraan truk yang kena razia.
MERAPI-MUHAMMAD RIDWAN
Kendaraan truk yang kena razia.

SLEMAN (MERAPI) – Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Sleman menggelar razia terhadap kendaraan yang melintas di jalan Sambisari, Desa Tridadi, Kecamatan Sleman, Kamis (30/1). Razia yang digelar sejak Rabu (29/1) menyasar khususnya bus dan truk yang kedapatan melanggar melintas di ruas jalan yang menuju ke arah Kantor Pemerintahan Kabupaten Sleman maupun ke arah perempatan Kronggahan.
Kepala Bidang Lalu Lintas Dishub Sleman, Marjanto menuturkan, ruas jalan Sambisari baik dari arah utara ke selatan, adalah ruas jalan yang tidak boleh dilewati bus dan truk. Namun, selama ini masih banyak ditemukan kendaraan besar yang melintas di ruas jalur sempit itu.

“Sebenarnya di jalur ini sudah ada rambu truk dan bus tidak boleh melintas antara jam 06.00 WiB – 18.00 WIB. Namun kita dapat laporan, jalur ini masih sering dilewati meskipun sudah ada rambu-rambunya,” ungkapnya.
Permasalahan maraknya bus dan truk nakal yang masih melintas di jalur tersebut karena hilangnya sejumlah rambu tambahan. Rambu tambahan yang dimaksud adalah penanda waktu tidak diperbolehkannya truk dan bus untuk melintas.

“Ada rambu tambahan yang waktu tidak boleh melintas itu hilang, kemungkinan karena ada orang iseng. Tapi sudah kita rencanakan untuk menambahkan rambu itu lagi untuk memperjelas,” terangnya.
Dari hasil operasi razia yang digelar selama sejak Rabu kemarin, terdapat 5 kendaraan minibus dan truk yang ditilang. Kendaraan yang terazia, kemudian diberikan surat tilang dan diminta untuk tidak melewati jalur itu kembali.
“Ada 13 belas kendaraan yang terazia kemarin, dan ada 5 kendaraan yang kita tilang kemarin, itu ada minibus dan truk. Kita berikan surat tilang, dan kita minta untuk tidak lewat jalan sini lagi sesuai waktu yang sudah diatur,” tandasnya.

Selain itu, operasi razia gabungan yang juga melibatkan unsur Kepolisian Sleman dan Satpol PP itu juga menyasar ijin uji kendaraan, kelengkapan surat kendaraan roda empat serta sejumlah kendaraan bermotor yang tidak menggunakan helm.
“Kita juga mengecek ijin KIR kendaraan dan ada 3 yang ijinnya mati. Selain itu ada pengendara yang tidak memakai helm juga ditilang,” imbuhnya.

Atas digelasnya operasi razia tersebut, Marjanto berharap agar pengendara lebih displin untuk mentaati aturan yang ada. Pihaknya juga akan melakukan operasi kembali juga masih ditemukan adanya pelanggaran di jalur tersebut.
“Kita harapkan ketertiban dari para pengguna jalan. Kalau bus dan truk lewat sini, apalagi ini jalur sempit kan bisa membahayakan pengguna jalan lain,” tutupnya. (C-8)

Read previous post:
Hidup Sederhana

HIDUP sederhana dalam pandangan Islam berarti membebaskan segala ikatan yang tidak diperlukan dalam rangka meraih kebahagiaan dunia akhirat. Berbeda dengan

Close