DALANG INVESTASI BODONG DIBURU-Ada Korban Alami Kerugian Rp 11 M

DEPOK (MERAPI)- Petugas Unit Reskrim Polsek Depok Timur dibackup Polda DIY masih memburu pelaku penipuan modus investasi bodong yang merupakan pasangan suami istri, MY (44) dan IF (40) warga Ngemplak, Sleman. Sejauh ini, polisi sudah menerima laporan 6 korban penipuan dengan total kerugian mencapai Rp 64 miliar itu.
Kabid Humas Polda DIY Kombes Pol Yuliyanto kepada wartawan, Selasa (28/1) mengatakan, saat ini ada enam korban melapor, empat di Polda DIY, satu di Polres Sleman dan satu di Polsek Depok Timur.
“Sampai sekarang pelaku masih buron. Terlapornya sama, sepasang suami-itri tersebut yang diduga melakukan penipuan,” kata Kombes Pol Yuliyanto.

Dia mengatakan, dari informasi yang diperoleh, ada salah satu korban yang mengalami kerugian kurang lebih mencapai Rp 11 Miliar. Polda DIY juga telah memeriksa empat hotel yang diduga menjalin kerja sama dengan terduga pelaku.
“Dari pihak hotel menyatakan tidak pernah terlibat dengan permasalahan tersebut,” katanya.
Saat disinggung mengenai status terlapor apakah sudah ditetapkan menjadi tersangka apa belum, Yuliyanto mengaku belum mengupdate info dari penyidik. “Yang jelas pelaku belum menjalani proses apapun dari pihak kepolisian,” ujarnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, puluhan orang mengaku menjadi korban dugaan penipuan investasi bodong yang dilakukan pasangan suami istri itu. Mereka menyebut mengalami kerugian hingga sekitar Rp 64 miliar.
Modus yang digunakan pelaku yakni dengan menawarkan investasi pengadaan sembako atau bahan pokok ke hotel berbintang di Yogyakarta. Dalam investasi ini korban dijanjikan keuntungan 50 hingga 55 persen.
Investasi yang sudah berjalan selama tiga tahun ini awalnya berjalan lancar dengan pembagian keuntungan sesuai perjanjian. Namun dalam tahun ketiga, keuntungan yang dijanjikan tak diberikan. Sementara pihak hotel yang diakui pelaku merupakan rekanan mereka, membantah telah melakukan kerjasama. (Shn)

Read previous post:
Mencicipi Lezatnya Sate Padang Chaniago

YOGYAKARTA memang memiliki banyak kuliner pinggir jalan yang mampu menggoyang lidah bagi wisatawan manapun untuk mencobanya, salah satunya adalah Warung

Close