PELAKU KEMBALIKAN BURUNG CURIAN-Maling Ngaku Tak Sengaja Mencuri Karena Mabuk

YOGYA (MERAPI)- Gara-gara terpengaruh minuman keras, RB (27) warga Gedongtengen dan VA (38) warga Gondomanan, Yogya nekat mencuri 5 ekor burung milik temannya sendiri warga Kraton, Yogya. Atas perbuatannya, RB saat ini mendekam di sel tahanan Polsek Kraton. Saat dibekuk, pelaku mengaku tak sengaja mencuri burung karena sedang mabuk.
Kapolsek Kraton Kompol Isrowiyah saat dikonfirmasi Senin (27/1) membenarkan kejadian tersebut. Dikatakan, pencurian itu terjadi Rabu (22/1) pukul 14.00 WIB, di rumah korban Pamungkas (31) warga Panembahan Kraton.

Awalnya, korban yang baru pulang bekerja terkejut setelah burung Cucak Ijo yang menggantung di rumahnya tidak ada di tempatnya karena digondhol maling. Setelah dicek, ternyata empat burung lainnya jenis lovebird juga tidak ada di tempatnya. Sadar menjadi korban pencurian, dia kemudian melaporkan kasus tersebut ke Polsek Kraton. Mendapat laporan tersebut, petugas kemudian melakukan penyelidikan dan berhasil mengidentifikasi pelaku dari keterangan saksi dan rekaman kamera CCTV. Kedua pelaku pun dibekuk.
“Pelaku diamankan saat hendak mengembalikan burung ke rumah korban. Pelaku mengembalikan burung karena saat mencuri dalam keadaan terpengaruh minuman keras,” katanya. Kendati demikian, dikatakan Kompol Isrowiyah, pelaku tetap diproses hukum karena korban sudah melaporkan kasus tersebut. Selain itu, dari rekaman kamera CCTV pelaku kelihatan sedang mengambil lima ekor burung tersebut.

“Tetap kita proses sesuai dengan hukum yang berlalu. Dari rekaman CCTV, pelaku terlihat mengambil burung milik korban,” tandasnya. Akibat kejadian itu, korban mengalami total kerugian mencapai Rp 6 juta. Kedua pelaku terancam dijerat dengan pasal 363 KUHP tentang pencurian, dengan ancaman hukuman maksimal 5 tahun kurungan penjara.
“Meski pelaku telah mengembalikan burung yang telah diambil, tetapi proses hukum tetap lanjut, karena usai kejadian korban langsung melapor ke Polsek,” ujar Kompol Isrowiyah. Kompol Isrowiyah mengimbau seluruh masyarakat agar lebih waspada saat meninggalkan rumah dalam keadaan kosong. Ia juga mengatakan, jajaran Polsek Kraton akan tetap melakukan patroli keliling untuk menjaga keamanan wilayahnya.

“Tetap yang terpenting warga diminta selalu waspada dan segera melapor ke polisi bila mendengar, melihat adanya dugaan kejahatan sehingga akan segera dicegah dan diambil tindakan cepat,” imbaunya.(Shn)

Read previous post:
Desa Jadi Kalurahan, 58 Lurah Kulonprogo Dilantik Ulang

YOGYA (MERAPI) - Sebanyak 58 lurah dan 29 pejabat lurah se-Kulonprogo dilantik ulang Bupati Kulonprogo Sutedjo dan langsung dikukuhkan Gubernur

Close