Revitalisasi Pasar Kluwih, Pemkot Siapkan Rp 3,5 M

UMBULHARJO (MERAPI)-Pasar Ngadikusuman atau Pasar Kluwih yang berada di Jalan Suryoputran Kelurahan Panembahan Kota Yogyakarta bakal direvitalisasi. Pasalnya pasar yang berada di kawasan dalam Benteng Kraton Yogyakarta itu kondisinya belum memiliki bangunan yang representatif.
Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Yogyakarta Yunianto Dwi Sutono mengatakan, selama ini sebagian besar aktivitas jual beli di Pasar Kluwih berada di tepi jalan. Meskipun akvtivitas Pasar Kluwih hanya dilakukan di pagi hari tapi dengan pedagang yang banyak di tepi jalan tentu berpotensi meluber.
“Memang hanya pagi hari dan belum ada bangunan pasar yang representatif di Pasar Kluwih. Revitalisasi juga untuk kenyamanan pedagang dan pembeli,” kata Yunianto, Minggu (26/1)
Dia menyebut untuk merevitalisasi Pasar Kluwih dialokasikan anggaran sekitar Rp 3,5 miliar dari Dana Alokasi Khusus (DAK) APBN. Selain untuk pekerjaan fisik, dana Sudah untuk memenuhi kebutuhan perencanaan dan pengawasan. Ditargetkan revitalisasi Pasar Kluwih bisa dikerjakan pada triwulan kedua tahun 2020.

“Harapannya revitalisasi Pasar Kluwih bisa mulai dibangun pada triwulan kedua,” tambahnya.
Lahan yang akan digunakan untuk revitalisasi Pasar Kluwih mencapai sekitar 500 meter persegi. Sesuai ketentuan teknis, maka luas bangunan yang diperbolehkan maksimal 50 persen dari luas lahan. Dalam pembangunan revitalisasi Pasar Kluwih akan disesuaikan dengan kondisi lingkungan sekitar. Mengingat berada di dalam Benteng Kraton Yogyakarta yang merupakan kawasan cagar budaya.
“Pasar tidak akan dibangun bertingkat dan basement karena lokasi pasar berada di kawasan Benteng Keraton Yogyakarta,” ujar Yunianto.
Ditambahkan jumlah pedagang di Pasar Kluwih tidak banyak yakni berkisar puluhan. Oleh sebab itu meskipun luasan bangunan hanya sekitar 50 persen dari luas area, tapi tetap bisa menampung seluruh pedagang dan mendukung aktivitas jual beli.

Selain Pasar Kluwih, pengerjaan revitalisasi juga masih dilakukan di Pasar Prawirotaman menggunakan anggaran pemerintah pusat. Revitalisasi Pasar Prawirotaman memakai skema anggaran tahun jamak tahun 2019 daan tahun 2020. Ditargetkan revitalisasi Pasar Prawirotaman dari satu lantai jadi empat lantai itu selesai pertengahan tahun 2020.(Tri)

Read previous post:
Kesurupan, 7 Siswi Mendadak Pingsan Bersamaan

BULAKSUMUR (MERAPI)- Tujuh orang siswi salah satu SMA di Godean, Sleman mengalamai kesurupan massal pada saat menggelar acara pentas musik

Close