Sebagai Pemangku Keistimewaan, Lurah se-Kabupaten Kulonprogo Dilantik Ulang

MERAPI - WULAN YANUARWATI  Kepala Biro Tata Pemerintah Setda DIY, Maladi dalam jumpa pers, Jumat (24/1) di Media Center Pemda DIY.
MERAPI – WULAN YANUARWATI
Kepala Biro Tata Pemerintah Setda DIY, Maladi dalam jumpa pers, Jumat (24/1) di Media Center Pemda DIY.

YOGYA (MERAPI) – Sebanyak 87 Kepala Desa dan Pejabat Kepala Desa se-Kabupaten Kulon Progo akan dilantik ulang oleh Bupati Kulon Progo, pada Senin (27/1). Hal ini karena ada perubahan kelembagaan Desa menjadi Kalurahan sesuai amanat UU Keistimewaan No 13 tahun 2012.

Kepala Biro Tata Pemerintah Setda DIY, Maladi mengatakan meski dilantik ulang, tidak ada perpanjangan masa jabatan. “Cuma 6 tahun, tidak ada perpanjangan,” tandasnya dalam jumpa pers, Jumat (24/1) di Media Center Pemda DIY.

Kulon Progo menjadi Kabupaten pertama di DIY yang melakukan pengukuhan yang kemudian akan diikuti Kabupaten lainnya. “Pemda DIY mengapresiasi Pemda Kabupaten Kulon Progo yang pro aktif. Kesiapan lurah beserta Pamong Kalurahan dan Badan Perwakilan Kalurahan merupakan wujud komitmen atas kebijakan ini,” imbuhnya.

Meski ada perubahan nama, namun KTP dan dokumen lainnya tidak akan berubah, diatur dalam Pergub No 25 tahun 2019.

Maladi menambahkan, penyelenggaraan Kalurahan sebagai wujud visi dan misi Pemda DIY demi terselenggaranya urusan Keistimewaan DIY. “Penyelenggaraan Kalurahan akan mendorong terwujudnya tata pemerintah yang baik dan demokratis, ketentraman, dan kesejahteraan masyarakat serta menjamin ke-bhinneka-tunggal-ika-an,” jelasnya.

Adanya perubahan nama tidak lantas membuat dana desa hilang. Dipastikan meski nama berubah, namun kode wilayah tidak berubah. “Aman, sepanjang kode wilayah tidak berubah. Justru dengan adanya tambahan wewenang justru menjadi semangat dan menambah energi,” tutupnya. (C-4).

Read previous post:
Wedang Uwuh Lancarkan Sirkulasi Darah

SEBAGIAN jenis minuman atau wedang tradisional menggunakan bahan-bahan alami yang mampu menghangatkan badan. Selain itu juga memperlancar sirkulasi darah, sehingga

Close