TURNAMEN SEPAKBOLA USIA DINI – Muntuk United Cup Diikuti 40 Tim

Panitia menunjukkan piala dan medali yang diperebutkan dalam Muntuk United Cup. (MERAPI-IST)

BANTUL (HARIAN MERAPI) – Sedikitnya 40 tim sepakbola usia dini se DIY dan Jawa Tengah akan berlaga dalam Muntuk United Cup. Turnamen ini dijadwalkan berlangsung selama dua hari mulai Sabtu (25/1). Seluruh tim yang bertanding akan dibagi dalam kelompok usia 2008 dan 2009.

Dalam turnamen yang digelar untuk merayakan ulang tahun ke-9 Sekolah Sepakbola (SSB) Muntuk United ini, diharapkan mampu mengasah kapasitas pemain usia dini.

Ketua Panitia, Arrrohman mengatakan turnamen Muntuk United Cup ini merupakan kali pertama diselenggarakan oleh SSB Muntuk United. Meski begitu antusias peserta menurutnya cukup tinggi. Bahkan penitia terpaksa membatasi hingga 40 tim saja. Turnamen ini rencananya akan digelar dua hari, Sabtu dan Minggu, 25-26 Januari 2020 di Lapangan Desa Muntuk Dlingo.

Pertandingan pertama akan digelar untuk Kelompok Usia 2009 kemudian hari berikutnya usia 2008. “Kami targetkan setiap kelompok usia ini bisa selesai dalam sehari,” terangnya.

Arrrohman menyebutkan panitia menetapkan sistem pertandingan dengan memakai pembagian grup. Dua puluh tim tersebut akan dibagi dalam lima grup, masing-masing grup terisi empat tim. Di babak penyisihan nantinya akan dipilih 8 besar. Diambil dari juara masing-masing grup dan 3 runner up terbaik. Kedelapan tim tersebut masuk ke fase gugur hingga final. Untuk setiap pertandingan akan berlangsung 2X10 menit. “Kita sudah siapkan dua lapangan,” imbuhnya.

Wakil Ketua Panitia, Bahrudin menyampaikan bahwa Asosiasi Provinsi (Asprov) PSSI DIY sejauh ini banyak memberikan dukungan terhadap turnamen ini. Bahkan izin dari Asprov DIY pun sudah dikantongi. Selama dalam proses persiapan sejauh ini menurutnya Asprov DIY memberikan banyak arahan terkait perizinan dari berbagai instansi.

Turnamen usia dini ini memperebutkan sejumlah hadiah. Antara lain piala, medali dan uang pembinaan dengan total mencapai Rp 5,5 juta. “Kami sampaikan terimakasih sebesar-besarnya kepada Asprov DIY, kami berharap terus mendapat pendampingan agar dapat memajukan sekolah ini,” harapnya.

Pencarian bibit unggul sepakbola merupakan upaya yanh terus dilakukan SSB Muntuk United selama sembilan tahun. Bahkan setiap tahun jumlah siswanya terus mengalami peningkatan. Sehingga pihaknya mengharapkan dengan terselenggaranya turnamen tersebut dapat menjadi ajang pencarian bibit-bibit unggul di persepakbolaan Indonesia.

Turnamen ini juga diharapkan dapat digunakan untuk mengasah mental para calon pemain profesional tersebut. Peningkatan kapasitas sejak dini menurutnya dapat dilakukan dengan mengikut sertakan dalam turnamen semacam ini. “Nanti kita berharap laga ini dapat menjadi pemicu semangat untuk mengikuti turnamen yang lingkupnya lebih luas,” lanjut Bahrudin. (C-1)

Read previous post:
Warga Gunungkidul Tewas Tertimpa Kandang Roboh

WONOSARI (MERAPI)-Kandang berisi ribuan ekor ayam milik Sunardi (41) di Desa Dengok, Playen, Gunungkidul tiba-tiba roboh, Kamis (23/1). Akibat kejadian

Close