PILKADA SLEMAN: Ada 2 Pasangan Calon Independen

MERAPI - WULAN YANUARWATI.  Noor Aan Muhlishoh
MERAPI – WULAN YANUARWATI.
Noor Aan Muhlishoh

SLEMAN (MERAPI) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sleman mencatat sejauh ini sudah ada 2 pasangan calon independen mendaftar pada pilkada Sleman. Jumlah minimal dukungan 7,5 persen dari daftar pemilih tetap dan tersebar di 9 Kecamatan. Ketua Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Sleman, Noor Aan Muhlishoh mengatakan jumlah pemilih tetap di Kabupaten Sleman sebanyak 774.609 pemilih.

“Jumlah minimum dukungan 58.096 pemilih dan harus tersebar di 9 Kecamatan. Dukungan hanya berlaku 1 orang 1 pasangan calon,” tandas Aan kemarin di Kantor KPU Sleman.

Tercatat 2 calon independen mendaftar yakni pasangan Wajiman – Sindu Kurniawan dan Haris Nugroho – Imam Heru Purnomo yang sudah dan sedang melakukan Bimbingan Teknis (Bimtek).

Dipersyaratkan ada 5 profesi yang tidak boleh memberi dukungan pada calon independen, yakni TNI, Polri, PNS, Penyelenggara Pemilu, dan Perangkat Desa beserta jajarannya.

Calon independen diwajibkan juga menginput nama pendukung pada aplikasi silon yang disediakan sebelum menyerahkan dokumen pada 19 – 23 Februari 2020. “Pokoknya yang melakukan penginputan harus dari calon, bukan KPU,” imbuh Aan.

Bila sudah akan ada Berita Acara (BA) memenuhi syarat minimal pendukung dan selanjutnya ada proses pengecekan administrasi, kesesuaian data, dan pendukung ganda. Aan mengatakan pada prinsipnya pihaknya menyambut baik bagi siapapun yang ingin mendaftar dan berpartisipasi pada gelaran Pilkada tersebut.

“Siapapun yang datang, bila memenuhi syarat baik dari partai maupun perseorangan monggo tapi kembali ke masyarakat apakah mereka menginginkan dan sudah greget membangun Sleman,” ungkapnya.
Sementara untuk mendukung jalannya Pilkada, dibentuk Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS).

“Saat ini sudah mulai (pendaftaran) PPK yang akan dilantik maksimal 29 Februari. Sudah ada 69 pendaftar dengan kebutuhan 85 orang,” jelas Aan.

Salah satu syarat pendaftaran dengan melampirkan Surat Keterangan sehat. Dalam hal ini, pihaknya bekerjasama dengan Pemda Sleman untuk mengratiskan proses pembuatan SK sehat tersebut.
“Harapannya masyarakat tidak terbebani dan lebih peduli. Semangat untuk mendaftar sebagai PPK dan PPS,” imbuhnya.

Aan juga berharap pelaksanaan tahapan berjalan sesuai dengan aturan dan masyarakat mendapatkan calon Bupati dan wakil Bupati terbaik dari yang terbaik. (C-4)

Read previous post:
Menjaga Lisan

JUNJUNGAN kita Rasulullah Muhammad SAW bersabda : "Keselamatan manusia tergantung pada kemampuannya menjaga lisan." (HR. Bukhari). Lisan merupakan salah satu

Close