Pemkot Yogya Siapkan Cetak Mandiri Kartu Identitas Anak

PELAYANAN dokumen administrasi kependudukan di Kota Yogyakarta bakal lebih mudah. Terutama pelayanan Kartu Identitas Anak (KIA). Pembuatan maupun pencetakkan KIA ke depan tidak harus mendatangi kantor kelurahan, kecamatan maupun Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dindukcapil) Kota Yogyakarta. Masyarakat bisa mencetak sendiri KIA di tempat umum menggunakan mesin cetak mandiri yang kini masih dipersiapkan.

“Tahun ini kami mengalokasikan anggaran untuk pengadaan alat cetak KIA secara mandiri. Jadi masyarakat bisa mencetak sendiri,” kata Kepala Dindukcapil Kota Yogyakarta Sisruwadi, akhir pekan kemarin.

Dia menuturkan layanan pencetakan karlu identitas anak secara mandiri itu untuk memudahkan masyarakat mendapat KIA. Dia menilai kepemilikan KIA penting bagi anak sejak dilahirkan hingga berusia 17 tahun kurang 1 hari. Hal itu menjadi bagian dari pemenuhan hak sipil anak.

“Pengadaan baru satu mesin cetak dulu untuk uji coba layanan mandiri,” imbuhnya.

Dia mengaku belum memastikan lokasi untuk penempatan mesin cetak mandiri tersebut. Namun dipastikan akan diletakan di tempat umum yang bisa diakses dengan mudah oleh masyarakat. Meski demikian ada tahap pendaftaran dulu saat akan mengakses pencetakan KIA secara mandiri.

“Untuk lokasinya masih akan kami kaji penempatan yang tepat dan strategis agar manfaatnya bisa maksimal dan memudahkan masyarakat,” ucap Sisruwadi.

Dia menyatakan KIA juga berfungsi seperti kartu tanda penduduk (KTP). Oleh sebab itu KIA akan memudahkan anak saat bepergian menggunakan moda transportasi seperti kereta api atau pesawat terbang.

Pihaknya menargetkan seluruh anak di Kota Yogyakarta memiliki KIA. Dia menyebut sekitar 90 persen anak Kota Yogyakarta sudah mempunyai KIA. Selama ini Dindukcapil Kota Yogyakarta juga melakukan jemput bola pencetakan KIA untuk siswa Kota Yogyakarta di sekolah.

“Tinggal sekitar sepuluh persen sasaran yang belum memiliki KIA. Sebagian dari anak-anak warga Kota Yogya tapi sekolah di wilayah luar kota,” tambahnya.

Dindukcapil Kota Yogyakarta juga membuka layanan administrasi kependudukan di pusat perbelanjaan mall. Misalnya mall di Malioboro saat Selasa Wage. Sejumlah layanan yang bisa diakses di pusat perbelanjaaan di antaranya perekaman dan penerbitan KIA, perekaman data kependudukan untuk penerbitan KTP elektroik cetak kartu keluarga yang rusak atau hilang. (Tri)

Read previous post:
Pria Berani KB Dapat Apresiasi Rp 1 Juta

UMBULHARJO (HARIAN MERAPI) - Program apresiasi senilai Rp 1 juta bagi peserta Keluarga Berencana (KB) pria di Kota Yogyakarta kembali

Close