Kartu KSJPS Dibagikan, Kelompok Rentan Miskin Jadi Perhatian Pemkot Yogya

UMBULHARJO (HARIAN MERAPI) – Kartu bagi Keluarga Sasaran Jaminan Perlindungan Sosial (KSJPS) atau Kartu Menuju Sejahtera (KMS) tahun 2020 mulai dibagikan melalui kelurahan. Meskipun jumlahnya turun setiap tahun, tapi upaya pemberdayaan tetap dilakukan untuk mencegah warga rentan miskin menjadi miskin.

Wakil Walikota Yogyakarta Heroe Poerwadi mengatakan setiap tahun Pemkot Yogyakarta menargetkan kemiskinan turun sekitar 2.000 jiwa. Angka itu sudah melampaui target kemiskinan. Penurunan tersebut ditargetkan terus konsisten.

“Ini yang harus kami coba terus. Kami harus konsisten menurunkan angka kemiskinan itu. Sekarang ini memang sedang kami petakan kelompok masyarakat rentan miskin. Jangan sampai jatuh miskin,” kata Heroe usai penyerahan kartu KSJPS di Balaikota, Selasa (14/1).

Diakuinya kelompok rentan miskin rentan untuk jatuh miskin. Terutama warga yang tidak masuk data KSJPS. Oleh sebab itu pihaknya meminta Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan (TKPK) untuk mulai memetakan kelompok masyarakat rentan miskin itu.

Menurutnya untuk mencegah rentan miskin menjadi miskin selama ini dilakukan dengan meningkatan pendapatan dan mengurangi beban biaya pengeluaran. Peningkatan pendapatan dilakukan melalui program Gandeng Gendong misalnya pembelian produk kuliner oleh Pemkot Yogyakarta.

Pengurangan beban biaya pengeluaran misalnya dari sisi kesehatan dengan jaminan BPJS Kesetahan yang ditanggung Pemkot Yogyakarta. Namun dia menyebut BPJS Kesehatan yang ditanggung pemerintah anggaran cukup besar karena ada kenaikan iur. “Anggaran harus semakin banyak mengalokasikan pada hal menyangkut kesejahteraan. Salah satunya BPJS Kesehatan yang ditanggung pemerintah untuk warga miskin itu bagian dari mengurangi beban pengeluaran warga,” terang Heroe.

Kepala Bidang Data Informasi dan Pemberdayaan Sosial Dinsos Kota Yogyakarta Esti Setiyarsi menambahkan pembagian kartu dilakukan melalui kelurahan. Ditargetkan pembagian kartu KSJPS itu selesai akhir Januari. Total penerima KSJPS tahun 2020 sebanyak 14.359 Kepala Keluarga (KK) dengan jumlah penduduk 45.725 jiwa. (Tri)

Read previous post:
DRIVER OJOL DIBEKUK POLISI-Seret Clurit di Pasar Sambil Mabuk

WIROBRAJAN (MERAPI)- Tidak terima ditegur usai terjadi kecelakaan, seorang driver ojek online berinisial EF (25) warga Pringgokusuman, Gedongtengen, Yogya murka.

Close