Kesbang-Forum Kelompok Masyarakat Reresik Malioboro

KEGIATAN bersih-bersih Malioboro atau Reresik Malioboro setiap Selasa Wage terus dilakukan. Bukan hanya oleh Pedagang Kaki Lima (PKL) dan komunitas di Malioboro. Namun juga diikuti oleh kelompok masyarakat dari luar Malioboro dan instansi pemerintah. Seperti yang dilakukan oleh Kantor Kesatuan Bangsa (Kesbang) Kota Yogyakarta bersama forum ormas pada Selasa Wage (14/1).

Dalam Reresik Malioboro kemarin Kesbang Kota Yogyakarta melibatkan forum ormas seperti Forum Pembauran Kebangsaan (FPK), Ikatan Keluarga Pemuda dan Mahasiswa Daerah Indonesia (IKPMDI), Forum Kewasdaan Dini Pemerintah Daerah (FKDM) serta Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB). Mereka membersihkan sampah di pedestrian Malioboro hingga ke sela-sela tanaman.

Menurut Kepala Kantor Kesbang Kota Yogyakarta, Zenni Lingga, kegiatan tersebut sebagai bagian dari komponen masyarakat Kota Yogyakarta. Oleh sebab ketiga forum di bawah koordinasi Kantor Kesbang tersebut memiliki tanggung jawab untuk memelihara nilai-nilai kebersamaan yang sudah ada di Malioboro.

“Kegiatan ini menjadi ajang partisipasi dalam berkontribusi menjaga keragaman dan kebersamaan yang selama ini tergambarkan di Malioboro. Ini juga sebagai bentuk kebersamaan berbagai elemen masyarakat lintas daerah etnis, dan agama,” terang Zenni, kemarin.

Dia menilai dengan kebersamaan yang terjaga antar ormas dan lintas etnis, juga mempengaruhi kondusivitas lingkungan. Dia juga menuturkan melalui kegiatan Reresik Malioboro oleh Kesbang dan Forum Ormas itu menunjukkan kepedulian warga Kota Yogyakarta dalam merawat ikon wisata Kota Yogyakarta

“Malioboro milik bersama, siapapun tanggung jawab dalam menjaganya. Lewat Reresik Malioboro ini jadi bukti warga Kota Yogyakarta dari latar belakang yang berbeda ikut merasa memiliki Malioboro. Kami semua meyakini jika keragaman dan kebersamaan ini terpelihara dan berjalan dengan baik maka kondusivitas kota juga akan terjaga,” tuturnya.

Sementara itu dalam pengarahannya Pelaksana Tugas Asisten Sekda Bidang Kesehateraan Rakyat, Sisruwadi menyambut baik kegiatan Reresik Malioboro oleh Kesbang Kota Yogyakarta bersama forum kelompok masyarakat. Pihaknya berharap kegiatan tersebut dapat dilaksanakan rutin, sehingga bisa meningkatan rasa kebersamaan.

“Kegiatan ini tentu positif karena bersama-sama menjaga kebersihan Malioboro. Harapannya kegiatan ini bisa rutin dilaksanakan,” imbuh Sisruwadi. (Tri)

Read previous post:
Musim Hujan Datang, Pakan Fermentasi Cegah Domba Kembung

PEMBERIAN pakan berkualitas termasuk kunci penting dalam menggeluti peternakan domba maupun kambing. Tak jarang, peternak kambing maupun domba berinovasi meracik

Close