TERDESAK KEBUTUHAN EKONOMI- Handphone Teman Pun Disikat


Pelaku saat digelandang ke Mapolsek Depok Barat. (MERAPI-SAMENTO SIHONO)
Pelaku saat digelandang ke Mapolsek Depok Barat. (MERAPI-SAMENTO SIHONO)

DEPOK (MERAPI)-Terdesak kebutuhan ekonomi, CA (30) warga NTB yang tinggal di Kledokan, Caturtunggal, Depok, Sleman, nekat mencuri handphone temannya. Guna mempertanggungjawabkan perbuatanya kini pelaku harus mendekam di sel tahanan Polsek Depok Barat. Petugas juga menyita barang bukti HP, uang Rp 100 ribu dan tas milik korban.


“Pelaku saat ini sudah resmi ditahan. Pelaku dijerat Pasal 362 KUHP tentang pencurian dengan ancaman maksimal 5 tahun penjara,” beber Kapolsek Depok Barat, Kompol Rachmadiwanto, Selasa (14/1).

Peristiwa itu bermula saat ketiga korban sedang ngecas HP di tempat kerja laundry di Kledokan, Caturtunggal, Sabtu (11/1) pukul 14.30 WIB. Kesempatan tersebut lalu dimanfaatkan pelaku untuk menguasai handphone korban. “Korban dan pelaku ini saling kenal dan bekerja di tempat laundry itu. Setiap hari mereka juga tinggal di tempat itu,” ujar Rachmadiwanto.


Setelah mendapatkan barang yang diinginkan, pelaku menjual satu handphone melalui media sosial facebook Rp 300 ribu. Sedangkan satu HP dan tas korban, masih dikuasai pelaku.

“Jadi korban ada tiga, dua yang punya handphone dan satu pemilik tas yang rencananya untuk membawa barang-barang pelaku,” katanya.

Berbekal uang Rp 300 ribu, pelaku kemudian hendak pulang ke kampung halaman di Lombok. Namun naas, saat dalam perjalanan pulang ke Lombok pelaku ditangkap petugas saat berada di Giwangan Yogya. “Pelaku ditangkap di Giwangan saat akan pulang ke Lombok malam hari usai kejadian. Saat digeledah kita temukan handphone dan tas milik korban,” tandasnya.

Pelaku beserta barang bukti HP dan tas kemudian digelandang ke Mapolsek Depok Barat guna penyelidikan lebih lanjut. Kepada penyidik CA mengaku nekat mencuri lantaran butuh uang untuk pulang ke kampung halaman. “Saya butuh uang untuk pulang ke Lombok. Begitu saya dapat uang, saya langsung mau balik ke rumah,” pungkasnya. (Shn)

Read previous post:
CEGAH KENAKALAN REMAJA- Polsek Depok Barat Razia Pelajar

DEPOK (MERAPI)- Polsek Depok Barat melakukan razia di salah satu sekolah di wilayah Kecamatan Depok Barat, Selasa (14/1). Hal ini

Close