Waspada Cuaca Ekstrem, BPBD DIY Pantau Sungai Potensi Meluber

YOGYA (HARIAN MERAPI) – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DIY telah mempersiapkan terkait prediksi cuaca ekstrem di Yogyakarta beberapa hari ke depan, fokus pada sungai dan daerah selatan.

“Titik-titik yang terjadi sedimentasi atau penangkalan yang berpotensi meluber itu akan kita identifikasi dan inventarisasi untuk nanti kita coba melakukan gerakan pembersihan kali,” jelas Kepala BPBD DIY Biworo Yuswantono kepada wartawan, Jumat (10/1).

Biworo menjelaskan dinamika cuaca terus diikuti perkembangannya oleh Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) untuk terus mewaspadai terutama pada masyarakat sekitar kali sungai. Cadangan Rp 14 miliar dana tak terduga bisa diakses bila ada status tanggap darurat. Selama masih wajar, ia mengatakan masih bisa menggunakan dana reguler yang sudah ada.

Biworo juga menjelaskan persiapan terkait kebencanaan dan cuaca ekstrem di DIY sudah dilakukan sejak bulan Agustus 2019 secara kontinyu dan jauh hari kepada 1.000 peserta dari kabupaten kota. (C-4)

Read previous post:
ilustrasi
PELAKU KAKEK KORBAN-Bocah Difabel Dicabuli di Siang Bolong

WONOSARI (MERAPI)- Seorang kakek berinisial NG (60) warga Kecamatan Playen, Gunungkidul dilaporkan polisi karena dituduh mencabuli bocah perempuan usia Pendidikan

Close