MENYAMBUT TAHUN BARU 2020: Dlingo Gelar Pentas Seni Budaya

MERAPI-ISTIMEWA  Pentas tari menyambut Tahun Baru 2020.
MERAPI-ISTIMEWA
Pentas tari menyambut Tahun Baru 2020.

MALAM pergantian tahun di beberapa titik wilayah Yogyakarta cukup dinanti masyarakat, tak terkecuali di wilayah Dlingo Bantul. Atas inisiasi Koperasi Natawana Desa Wisata Karangasem Munthuk Dlingo Bantul, detik-detik pergantian tahun baru 2020 berlangsung dengan meriah.

Untuk memanjakan wisatawan, pihak pengelola wisata menggelar pentas seni budaya di tiga lokasi wisata, yakni Lintang Sewu, Pinus Pengger dan Puncak Becici. Di Lintang Sewu gelar budaya dimeriahkan dengan sendratari, sementara itu pertunjukan musik keroncong digelar di Pinus Pengger dan di Puncak Becici menampilkan potensi seni warga setempat.

Purwa Harsana kerap disapa Mas Ipung selaku Ketua Koperasi Natawana sekaligus pengelola wisata Mangunan menjelaskan, kawasan hutan wisata Mangunan Dlingo Bantul selalu menjadi alternatif bagi masyarakat untuk merayakan malam pergantian dan liburan akhir tahun.

“Jumlah kunjungan wisatawan Mangunan akan meningkat jika bertepatan dengan moment yang tepat, wisata alam yang bagus dan atraksi seni budaya yang ditampilkan. Pentas kali ini dilaksanakan untuk memeriahkan dan menghibur warga dan wisatawan yang sedang liburan dan merayakan tahun baru. Diharapkan dapat mengenalkan budaya kepada masyarakat luas sehingga menjadi daya tarik wisatawanm” jelasnya.

Detik-detik pergantian tahun dirayakan dengan pesta kembang api. Langit Mangunan yang semula gelap menjadi terang berwarna karena banyaknya kembang api tak terhitung jumlahnya dinyalakan bersusulan.
Dikatakan Kabid Pengembangan Kapasitas Dinas Pariwisata DIY Wardoyo, pentas seni budaya yang dikemas secara menarik oleh pengelola wisata Mangunan adalah upaya untuk terus memajukan pariwisata setempat.

“Desa wisata tidak dapat dipandang sebelah mata. Kekayaan seni budaya dapat dioptimalkan menjadi atraksi wisata, sehingga dapat menarik kunjungan wisatawan,” tandasnya. (*)

Read previous post:
ilustrasi
Motif Penyerangan Novel

JELANG akhir tahun, Kapolri Jenderal Pol Idham Azis bikin kejutan dengan menangkap dua pelaku penyiraman air keras terhadap penyidik KPK

Close