Terima LHPK 2019, Pemda DIY Tindaklajuti Laporan BPK dalam 60 Hari

YOGYA (HARIAN MERAPI) – Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) DIY menyerahkan Laporan Hasil Pemeriksaan Kinerja tahun 2019 kepada Kabupaten Kota se-DIY dan harus segera ditindaklanjuti dalam 60 hari sebab bila tidak akan mendapat teguran.

Kepala Perwakilan BPK DIY, Andri Yogama mengatakan, secara umum kinerja Pemerintah Daerah DIY relatif bagus dibandingkan daerah lain. “Memang ada beberapa belum sesuai dengan ketentuan cuma tidak terlalu material,” ungkapnya usai penyerahan Laporan Hasil Pemeriksaan Kinerja (LHPK) tahun 2019 di Gedung BPK, Senin (30/12).

Andri menjelaskan, hasil temuan harus segera ditindaklanjuti dan diselesaikan sesuai dengan edaran dari Presiden. “60 hari harus ditindaklanjuti dan sudah ada edaran khusus. Bila tidak akan ada surat teguran hingga 3 kali ke Pemda yang dilanjutkan kepala daerah,” jelasnya.

Gubernur DIY Sri Sultan HB X mengatakan, sejak 5 tahun belakangan telah dilakukan pemangkasan. Pada 2014 pemangkasan sekitar 1.600 kegiatan dari 2.800 kegiatan, dan menjadi sekitar 900 kegiatan pada 2019.

“Upaya tersebut dilakukan untuk meningkatan sinkronisasi dan sinergi, memudahkan pengendalian, meningkatkan belanja publik dan investasi pada program strategis sehingga anggaran memiliki ruang lebih luas,” paparnya.

Sultan mengatakan Pemda DIY telah dinyatakan sebagai daerah dengan hasil evaluasi sistem akuntabilitas kinerja instansi perintah tahun 2018 terbaik se-Indonesia yang dilakukan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi RI. (C-4)

Read previous post:
Kethoprak Conthong Tampilkan Jaka Walidarma

LIBURAN akhir tahun maupun menyambut tahun baru, kian meriah dengan ditampilkannya beberapa hiburan. Seperti halnya di panggung Concert Hall Taman

Close