Gerhana Matahari Cincin Hanya Tampak Sebagian di Yogya

YOGYA (HARIAN MERAPI) – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyatakan fenomena langka berupa gerhana matahari cincin (GMC) pada Kamis (26/12) hanya tampak sebagian di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta.

Hal itu disampaikan Kepala Seksi Observasi BMKG Yogyakarta Budiarta seusai pengamatan GMC yang berlangsung di halaman Kantor Stasiun Geofisika BMKG Yogyakarta mulai pukul 10.50 WIB hingga 14.30 WIB.

“Tidak seperti di wilayah Aceh atau Kalimantan Barat yang di sana bisa terpantau seperti cincin. Di Stasiun Geofisika BMKG Yogyakarta karena jauh di sebelah selatan khatulistiwa, maka gerhana mataharinya adalah gerhana matahari sebagian jadi tampak seperti sabit,” paparnya.

Menurut dia, puncak gerhana matahari yang terpantau sebagian itu terjadi pada pukul 12.47 WIB dengan durasi hanya sekitar 2 menit, kemudian gerhana sepenuhnya berakhir pada pukul 14.28 WIB. Saat terjadi gerhana matahari itu, menurut dia, posisi bulan tidak menghalangi bayangan matahari secara penuh melainkan hanya sebagian saja.

MERAPI-WULAN YANUARWATI
Anggota Jogja Astro Club antusias mengamati gerhana matahari cincin di halaman Masjid Gede Kauman, Kamis (26/12).

Pengamatan gerhana itu, menurut dia, bisa sekaligus menjadi sarana edukasi bagi masyarakat mengenai fenomena astronomi. Pasalnya, gerhana matahari cincin akan berulang kembali dengan tempo yang cukup lama. “Kalau gerhana matahari cincin ini diperkirakan akan terjadi kembali 11 tahun yang akan datang,” kata dia.

Di sisi lain, Jogja Astro Club (JAC) bekerjasama dengan takmir Masjid Gedhe Kauman Yogyakarta melaksanakan pengamatan dan sholat gerhana matahari di halaman Masjid kemarin. Koordinator Jogja Astro Club, Agung Laksana mengatakan pihaknya memfasilitasi warga yang ingin melakukan pengamatan gerhana matahari sebagian.

“Ada 7 teropong, 20 kacamata matahari dan 10 filter solar yang disiapkan untuk warga yang ingin melihat fenomena tersebut,” ungkapnya. (C-4)

Read previous post:
MERAPI-AMIN KUNTARI Lahan tambak baru bermunculan di tengah upaya penutupan tambak di sekitar Pantai Glagah.
Pengosongan Tambak Udang Rampung Bulan Ini

WATES (HARIAN MERAPI) - Pemerintah Kabupaten Kulonprogo tidak memperpanjang batas toleransi waktu untuk pengosongan tambak udang di selatan Bandara Internasional

Close