Rusunawa Bener Siap Dihuni

UMBULHARJO (HARIAN MERAPI) – Pembangunan rumah susun sewa (Rusunawa) di Kelurahan Bener Yogyakarta selesai. Selama menunggu serah terima dari pemerintah pusat, Pemkot Yogyakarta tengah menyusun peraturan mekanisme pengisian rusunawa yang ditargetkan bisa dihuni tahun depan.

“Pekerjaan fisik untuk pembangunan sudah seratus persen selesai hari ini. Sebagian mebel sudah datang, tinggal mengisi kelengkapannya,” kata Kepala Bidang Perumahan Permukiman dan Tata Bangunan Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPUPKP) Kota Yogyakarta Sigit Setiawan, Kamis (12/12).

Rusunawa yang dibangun di Bener memiliki luas 36 meter persegi atau tipe 36 sebanyak 42 unit. Setiap unit dilengkapi dengan mebel berupa tempat tidur, meja kursi dan almari. Selain itu terdapat fasilitas area parkir, air bersih, listrik, tempat sampah, musala dan area ruang kegiatan ekonomi. Rusunawa dibangun pemerintah pusat dengan dana APBN sekitar Rp 16,6 miliar.

Dia menyatakan sembari menunggu proses serah terima dari pusat, DPUPKP Kota Yogyakarta akan mengirimkan surat ke Dirjen Penyediaan Perumahan terkait penghunian sementara di rumah susun itu. Surat itu agar rusunawa bisa difungsikan tanpa harus menunggu proses serah terima selesai.

“Kalau menunggu proses serah terima, bisa lama. Jika tidak segera dihuni, dikhawatirkan bangunan bisa rusak. Kami akan membentuk badan pengelola rusunawa,” terangnya.

Menurutnya proses serah terima bangunan dimungkinkan membutuhkan waktu lama karena dengan nilai lebih dari Rp 10 miliar perlu melibatkan Kemenkeu. Setelah serah terima selesai, selanjutnya pengelolaan rusunawa di Unit Pelaksana Teknis (UPT) rusunawa di bawah Dinas PUPKP Kota Yogyakarta.

UPT Rusunawa Kota Yogyakarta tengah menggodok aturan terkait mekanisme pengisian rumah susun serta biaya sewa. Dia menjelaskan rusunnawa dibangun untuk masyarakat berpenghasilan rendah dan harus warga Kota Yogyakarta dengan bukti KTP.

“Biaya sewa dimungkinkan berbeda dengan rumah susun lain karena keluasan unit dan fasilitas pendukung. Mekanisme pengisian dan biaya sewa sedang disusun perwalnya di UPT Rusunawa. Target perwal selesai tahun ini, sehingga akhir Januari tahun depan ada proses seleksi penghuni,” papar Sigit. (Tri)

Read previous post:
RESIDIVIS PENCURI HP DIBEKUK-Takut Masuk Kos Putri Karena Waswas Diteriaki Pemerkosa

BANTUL (MERAPI)- Petugas Polsek Kasihan mengungkap kasus pencurian handphone dengan sasaran kompleks kos-kosan di wilayah Dusun Jadan, Tamantirto, Kasihan, Bantul.

Close