Belut Bantu Cegah Osteoporosis

MERAPI-SULISTYANTO  Belut bergizi dan mempunyai manfaat atau khasiat kesehatan.
MERAPI-SULISTYANTO
Belut bergizi dan mempunyai manfaat atau khasiat kesehatan.

 
GUNA mendukung maupun membantu mewujudkan kesehatan badan, dapat menerapkan beragam resep. Satu di antaranya memanfaatkan bahan-bahan bersifat alami, baik dari tumbuhan maupun satwa. Sebagian jenis tumbuhan bahkan dijadikan pendukung kuliner, seperti bagian biji, kulit batang, bunga dan daun-daunnya.

Pelaku jual beli belut asal Sidoagung Sleman, H Sunardi mengungkapkan, belut dikenal memiliki banyak kandungan gizi. Selain itu sebagian konsumen memanfaatkan belut untuk terapi membantu melawan serta mencegah gangguan kesehatan badan. Cara memanfaatkannya pun cukup beragam, seperti dibuat keripik maupun beberapa jenis masakan, misalnya mangut, balado bahkan dibuat sambal belut.

“Mengingat gizi dan manfaat kesehatannya banyak, olahan atau masakan belut banyak dicari berbagai kalangan. Nyuluh atau mencari belut di alam seperti sawah-sawah dan rawa-rawa juga telah lama dilakukan beberapa warga, baik dikonsumsi sendiri untuk mendukung kesehatan, serta ada yang dijualbelikan,” bebernya.

MERAPI-SULISTYANTO  H Sunardi.
MERAPI-SULISTYANTO
H Sunardi.

Terutama kandungan fosfor dan kalsium  dalam daging belut antara lain diyakini dapat membantu membentuk massa tulang. Sehingga konsumsi fosfor harus berimbang dengan kalsium, agar tulang menjadi kokoh dan kuat. Alhasil, mampu membantu mencegah terserangnya penyakit osteoporosis alias keropos tulang. Tak kalah penting, fosfor punya fungsi sebagai pemberi energi dan kekuatan pada metabolisme lemak dan karbohidrat. Selain itu sebagai penunjang kesehatan gigi dan gusi, untuk sintesis DNA serta penyerapan dan pemakaian kalsium. Kebutuhan fosfor bagi ibu hamil tentu lebih banyal dibandingkan saat-saat tidak mengandung, terutama untuk pembentukan tulang janinnya. Jika asupan fosfor kurang, janin akan mengambilnya dari sang ibu. Ini salah satu penyebab penyakit tulang keropos pada ibu. Artinya juga, kebutuhan fosfor akan terpenuhi apabila konsumsi protein juga diperhatikan. Oleh karena itu sudah selayaknya belut dapat dijadikan asupan rutin dengan cita rasa gurih serta bermanfaat bagi kesehatan. (Yan)

Read previous post:
Sleman Luncurkan Calendar of Event 2020

SLEMAN (MERAPI) - Dinas Pariwisata (Dinpar) Kabupaten Sleman meluncurkan Calendar of Event 2020. Agenda wisata selama tahun 2020 ini bertujuan

Close