14 DESEMBER KONSULTASI HUKUM GRATIS DI DPRD DIY- DPC Peradi Wates Audiensi dengan Bupati Sutedjo


Bupati Kulonprogo Drs H Sutedjo foto bersama dengan pengurus DPC Peradi Wates usai audiensi. (MERAPI-ISTIMEWA)
Bupati Kulonprogo Drs H Sutedjo foto bersama dengan pengurus DPC Peradi Wates usai audiensi. (MERAPI-ISTIMEWA)

WATES (MERAPI) – Dewan Pimpinan Cabang Perhimpunan Advokat Indonesia (DPC Peradi) Wates melakukan audiensi dengan Bupati Kulonprogo, Drs H Sutedjo di Kantor Bupati Kulonprogo, Selasa (3/12). Audiensi dilakukan untuk mengenalkan DPC Peradi Wates dengan Bupati Kulonprogo yang baru sekaligus menjajaki kerja sama dalam bidang hukum.


“Dalam audiensi tersebut kami dari DPC Peradi Wates sekaligus panitia bersama konsultasi hukum gratis Korwil Peradi DIY meminta bantuan Bupati untuk menginformasikan ke masyarakat Kabupaten Kulonprogo yang ingin berkonsultasi hukum secara gratis dapat datang langsung datang ke Gedung DPRD DIY pada Sabtu 14 Desember 2019 mulai pukul 08.00,” ujar Ketua DPC Peradi Wates, Sidiq Purnama SH didampingi Sekretaris Detkri Badhiron SH MH kepada wartawan usai audiensi.


Disebutkan, kegiatan tersebut digelar dalam rangka HUT ke-15 Peradi yang akan didukung 100 advokat dari 5 DPC di Kabupaten/Kota seperti DPC Peradi Wates, DPC Peradi Sleman, DPC Peradi Bantul, DPC Peradi Wonosari dan DPC Peradi Kota Yogyakarta. Kegiatan tersebut diharapkan dapat melayani 250 masyarakat untuk melakukan konsultasi hukum gratis.


Disebutkan, selama ini bantuan hukum merupakan kebutuhan pokok masyarakat. Fenomena ini membuat probono menjadi salah satu bentuk strategi gerakan pemberian bantuan hukum untuk membela kepentingan masyarakat khususnya rakyat miskin dan rentan. Hal itu sebagaimana amanat pasal 22 ayat 1 UU No 18 Tahun 2003 tentang Advokat.


“Advokat wajib memberikan bantuan hukum secara cuma-cuma kepada pencari keadilan yang tidak mampu. Hal itu merupakan implementasi dari kewajiban probono sekaligus untuk mendekatkan profesi advokat kepada masyarakat dan kepedulian sesama yang membutuhkan bantuan hukum,” imbuh Detkri menjelaskan.


Sementara Bupati Kulonprogo, Drs H Sutedjo menyambut baik upaya DPC Peradi Wates untuk ikut andil dalam pemberian konsultasi hukum gratis. Diharapkan kegiatan tersebut tak hanya diadakan di Gedung DPRD DIY tetapi dapat dilakukan di Kulonprogo. “Kami berharap kegiatan konsultasi gratis juga dilakukan di Kulonprogo seandainya ada masyarakat yang tidak bisa datang,” terangnya.


Selain itu ke depan Pemkab Kulonprogo dapat menjalin kerjasama dengan DPC Peradi Wates dalam berbagai bidang yang berkaitan dengan hukum. Seperti dalam bidang perizinan, lingkungan hidup, perempuan dan anak serta berbagai persoalan yang terjadi di masyarakat. (C-5)


Read previous post:
PKPA II FH UP45 Diikuti 25 Peserta

DEPOK (MERAPI) - Fakultas Hukum Universitas Proklamasi 45 (FH UP45) Yogyakarta kembali menyelenggarakan Pendidikan Khusus Profesi Advokat (PKPA) angkatan II.

Close