KENALKAN POTENSI DESA SETEMPAT: Warga Kepek Gelar Atraksi Budaya

DENGAN dukungan Dinas Pariwisata DIY, masyarakat Desa Kepek Saptosari Gunungkidul menggelar Atraksi Budaya Gerakan Ekowisata Kepek Bangkit pada Sabtu (30/11). Kegiatan yang dilaksanakan di Taman Wisata Saptosari Gunungkidul berlangsung meriah dengan disaksikan ratusan warga Kepek dan sekitarnya.

Acara yang digagas untuk membangkitkan semangat mengembangkan seni budaya sekaligus destinasi wisata Taman Saptosari tersebut menampilkan berbagai kesenian. Pada gelaran tersebut, Reog Turonggo Anom dengan ciri khasnya sebagai prajurit perang tampil atraktif menghibur penonton. Tak kalah meriah, ditampikan Tari Wanoro Yakso menggambarkan tentang kethek/monyet. Sedangkan Gejog Lesung Margo Laras dibawakan dengan sangat apik oleh ibu-ibu PKK Desa Kepek.

Dikatakan Kepala Desa Kepek, Suhud Hadi SH, Desa Kepek dapat maju dikarenakan memiliki berbagai macam kesenian, petilasan, kuliner, adat dan tradisi. Menurutsnya dengan Atraksi Budaya Gerakan Ekowisata Kepek Bangkit dapat menggugah kesadaran warga untuk melestarikan dan mengembangkan kesenian tradisional, secara langsung juga dapat menarik wisatawan datang ke Desa Kepek.

“Keragaman seni dan budaya yang ditonjolkan Desa Kepek dapat memaksimalkan potensi untuk menarik kunjungan wisata di Yogyakarta khususnya di Desa Kepek Kecamatan Saptosari” ujar Suhud.

Selain sebagai upaya pelestarian seni dan budaya, acara pentas seni ini juga sebagai ajang hiburan bagi masyarakat sekitar. Desa Kepek merupakan satu-satunya desa yang berada di kecamatan Saptosari Gunungkidul yang berstatus sebagai rintisan desa budaya.

Kepala Bidang Pengembangan Kapasitas Dinas Pariwisata DIY, Wardoyo mengatakan event ini selain untuk melestarikan seni dan budaya juga merupakan ajang memperkenalkan atau mempromosikan potensi yang ada di Desa Kepek.

“Sebagai desa yang memiliki berbagai potensi jika tidak dikembangkan dan difasilitasi maka akan semakin hilang. Dengan acara seperti ini maka para pengunjung yang datang dapat lebih mengenal potensi wisata kesenian yang ada di Desa Kepek Saptosari Gunungkidul” papar Wardoyo. ***

Read previous post:
10 KK Bantul Transmigrasi ke Kaltara

BANTUL (MERAPI) - Sebanyak 10 kepala keluarga (KK) menjadi transmigran dari Kabupaten Bantul. Seluruhnya diberangkatkan langsung oleh bupati, Senin (2/12)

Close