PGRI Sleman Berharap Honor GTT Setara UMK

SLEMAN (MERAPI) – Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Kabupaten Sleman, berharap honor guru tidak tetap (PTT) dapat setara dengan upah minimum kabupaten (UMK), yang dapat dialokasikan dari subsidi pemerintah daerah dan dana operasional sekolah.

“Memang selama ini ada kenaikan honor GTT dari Pemda Sleman. Tapi kami berharap ada peningkatan honor GTT setara dengan UMK,” kata Ketua PGRI Sleman Sudiyo di Sleman, Minggu (1/12).

Pihaknya menyambut baik kebijakan Pemkab Sleman yang akan kembali menaikkan honor GTT pada 2020. “Tentunya ini kabar yang menggembirakan, kami masih ingat tiga tahun lalu honor GTT hanya berkisar Rp250 ribu, saat ini sudah sekitar Rp450 ribu,” katanya dikutip Antara.

Ditambahkannya, dari informasi yang dia terima, akan ada pula peningkatan besaran dana bantuan operasional sekolah (BOS) yang diterima sekolah, sehingga pihaknya meminta kepada sekolah untuk bisa memberikan honor dari sekolah hingga “take home pay” GTT setara dengan UMK. “PGRI mengimbau sekolah-sekolah juga menaikkan honor dari dana BOS tersebut,”tandasnya.

Permohonan untuk menaikkan honor tersebut telah diajukan sejak tiga tahun silam. Setiap tahun, pihaknya selalu mengajukan tuntutan yang sama. “Kami minta agar pemerintah memberi perlakuan yang sama antara GTT dan Pegawai Tidak Tetap (PTT) yang masuk dalam K2 ataupun yang non-K2, sebab ketika bekerja di lapangan sebagai tenaga pendidik tidak ada perbedaan sama sekali,” tukasnya.

Pihaknya juga meminta kepada pemerintah agar membuat regulasi yang tidak mempersulit GTT yang mengajar di sekolah negeri untuk bisa mengikuti Pendidikan Profesi Guru (PPG), sehingga bisa memperoleh tunjangan profesi. “Kami juga meminta agar memberikan tunjangan fasilitasi sebesar UMK,” katanya.

Sebelumnya Bupati Sleman Sri Purnomo mengatakan bahwa Pemkab akan menambah honor bagi GTT dan PTT di tahun anggaran 2020. Kenaikan jumlah honor tersebut meliputi GTT dan PTT di seluruh sekolah baik negeri maupun swasta dan guru PAUD. Jumlah honor yang akan diberikan bervariasi berdasarkan statusnya. Bagi GTT di sekolah negeri yang sebelumnya menerima honor sebesar Rp 420.000 per bulan akan ditambah menjadi Rp 700.000 per bulan. Sedang honor GTT di sekolah swasta yang sebelumnya Rp 420.000 akan menjadi Rp600.000 per bulan.

Sementara itu, bagi PTT di sekolah negeri yang sebelumnya menerima honor per bulan Rp 350.000 menjadi Rp 650.000. Sedang untuk PTT di sekolah swasta Rp 350.000 menjadi Rp 500.000. Honor guru PAUD yang saat ini Rp350.000 nantinya juga naik menjadi Rp 500.000. Kemudian K2 yang saat ini menerima Rp 1.000.000 akan menjadi Rp 1.200.000. (*)

Read previous post:
AKSI DAMAI DI BULAKSUMUR: Pesan Kecil dari Yogyakarta untuk Indonesia

DEPOK (MERAPI) - Masyarakat yang tergabung dalam Aliansi Jogja Sehati, Persatuan Emak-emak Cinta Indonesia (PECI), dan Gerakan Harmoni Indonesia melakukan

Close