DUKUNG PENGEMBANGAN BANK BPD DIY-Pemkot Yogya Serahkan Tambahan Modal

UMBULHARJO (HARIAN MERAPI) – Pemerintah Kota Yogyakarta menyerahkan tambahan penyertaan modal kepada Bank BPD DIY sebanyak Rp 37,27 miliar pada tahun anggaran 2019. Pemberian penyertaan modal itu ke Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) DIY itu untuk mendukung pengembangan bank dan peningkatan pelayanan ke masyarakat.

“Harapannya dengan penyertaan modal ini semakin kuat modalnya dan memperkuat ekspansi Bank BPD DIY ke luar DIY,” kata Walikota Yogyakarta Haryadi Suyuti, usai penandatanganan berita acara penyerataan modal, Jumat (29/11).

Penambahan penyertaan modal dari Pemkot Yogyakarta ke Bank BPD DIY itu mengacu pada Peraturan Daerah (Perda) Nomor 17 Tahun 2018 tentang Penyertaan Modal ke BUMD. Mengacu perda itu total penyertan modal yang wajib diserahkan Pemkot Yogyakarta ke Bank BPD DIY mencapai sekitar Rp 468 miliar.

“Penyertaan modal ke Bank BPD DIY dilakukan bertahap sampai tahun 2025. Penyertaan modal bukan hanya dari Kota Yogya, tapi juga empat kabupaten di DIY. Jadi atas kesepakatan bersama lima kabupaten kota untuk memperkuat struktur modal BPD DIY,” terangnya.

Direktur Umum Bank BPD DIY, Cahya Widi mengutarakan, total penyertaan modal yang diterima Bank BPD DIY dari Pemkot Yogyakarta sebanyak Rp 151,870 miliar. Sedangkan deviden atau untung yang diterima Pemkot Yogyakarta pada tahun ini mencapai Rp 20 miliar lebih. “Tambahan penyertaan modal sebesar Rp 37,275 miliar sesuai dengan perda penyertaan modal ke BUMD,” ujar Cahya Widi.

Menurutnya dengan tambahan penyertaan modal tersebut akan meningkatkan pengembangan bank. Salah satunya kredit ke UMKM yang kini telah disalurkan sekitar Rp 4,1 triliun. Selain itu kini Bank BPD DIY juga sedang berproses melakukan pelayanan berbasis digital. (Tri)

Read previous post:
Sejumlah wisatawan menikmati suasana pedestrian di Malioboro Yogyakarta. (Merapi-Tri Darmiyati)
Sambut Libur Akhir Tahun, PKL dan Jukir Nekat Nuthuk Masuk Daftar Hitam

UMBULHARJO (HARIAN MERAPI) - Menghadapi libur akhir tahun, semua pelaku wisata di Kota Yogyakarta diharapkan memberikan pelayanan terbaik. Jika ada

Close