5 KOMISIONER KID DILANTIK-Sultan: Jangan Sampai Ada Jejak Negatif

DANUREJAN (HARIAN MERAPI) – Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Sultan HB X melantik 5 komisioner Komisi Informasi Daerah (KID) periode 2019-2023. Empat orang dari unsur masyarakat dan satu orang dari unsur pemerintahan.

“Komisioner yang terpilih diharapkan bisa memberikan kontribusi nyata khususnya tentang akses publik dalam mendapatkan informasi kebijakan dan transparansi anggaran karena itu adalah hak dasar dalam memperoleh dan mengembangkan informasi,” ungkapnya dalam sambutan pelantikan komisioner, Jumat (29/11) di Bangsal Kepatihan.

Sebelumnya, komisioner yang terpilih melalui lolos uji kepatutan dan kelayakan berdasarkan profesionalitas, keadilan, keahlian dan kompetensi.

“Selain itu tidak kalah penting adalah integritas pribadi penting melalui pemeriksaan rekam jejak di media sosial. Jangan sampai setelah ditetapkan terbukti ada jejak negatif seperti hoax dan ujaran kebencian,” tegasnya.

Empat nama komisioner dari unsur masyarakat yaitu Erniati, Moh Hasyim, Rudy Nurhandoko dan Sri Surani. Adapun Agus Purwanta satu-satunya dari unsur pemerintah.

Pada kesempatan yang sama, Sri Sultan HB X menyambut baik Raperda Keterbukaan Informasi Publik yang digagas DPRD DIY. “Saya berharap Perda bisa disahkan tahun 2019 agar tata kelola informasi publik dapat diatur dengan baik,” harapnya. (C-4)

Read previous post:
Artotel Group Peduli Lingkungan

ARTOTEL Group bekerjasama dengan Yayasan WWF Indonesia berkomitmen terhadap lingkungan melalui program Signing Blue, antara lain memiliki tanggungjawab terhadap kelestarian

Close